Berita Hangat

Berkunjung Ke PSMTI Metro, PYM SPDB Pangeran Edwardsyah Pernong Disambut Wali Kota Wahdi

OTENTIK (METRO) – Paduka Yang Mulia Sai Batin Puniakan Dalom Beliau Pangeran Edwardsyah Pernong Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke 23 melakukan kunjungan anjau silau ke PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia) Metro, di Ballroom Grand Venetian Hotel Metro, Selasa (18/1/2022).

Kedatangan PYM SPDB Pangeran Edwardsyah Pernong disambut Walikota Metro Wahdi, ketua PSMTI kota Metro, Handi Tjandrianto, Wakil Ketua, Dedi Cahyana, Sekretaris, Khesiong dan anggota.

Hadir dalam anjau silau tersebut, Kapolres, Perwakilan Dandim 0411/KM, Plt Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Kesbangpol, Ketua TP.PKK, Ketua dan Pengurus Cabang PSMTI Kota Metro, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan.

Walikota Metro berharap kedatangan Sultan Sekala Brak dan rombongan dapat menjadi wadah komunikasi, mempererat persatuan, kesatuan dan silaturahmi , serta meningkatkan jalinan hubungan yang harmonis guna mendukung pembangunan dan kemajuan Bumi Sai Wawai.

“Semoga kehadirannya membawa inspirasi bagi kita semua, dapat memotivasi, menggugah dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam meningkatkan kesejateraan rakyat melalui sektor pariwisata serta berbagai upaya yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah bersama segenap warga guna mewujudkan visi Kota Metro Terwujudnya Kota Metro Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya,” ungkapnya.

Paduka YM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan ke-23 dalam amanatnya mengatakan bahwa pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Metro dibawah pimpinan Walikota, merupakan Pembangunan yang berpihak kepada masyarakat dan menyentuh langsung untuk kepentingan masyarakat, ia berharap dengan kehadirannya ini dapat mendukung upaya percepatan pembangunan serta dapat memberikan masukan dalam menggali potensi yang ada.

“Rasa terimakasih saya ucapkan atas penerimaan dari Pemerintah Kota Metro dan PSMTI waghei bungsuku dengan kehadiran saya di Kota Metro ini, saya sangat haru dan bangga karena hari ini saya melihat etalase Kota Metro, dan guyubnya masyarakat Kota Metro dibawah kepemimpinan Walikota Metro Bapak Wahdi, yang selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sehingga Metro kondusif dan menjadi percontohan bagi Kota lain,” ucap Edward Syah Pernong.

Sementara Ketua Cabang PSMTI Kota Metro Handi Tjandriyanto berharap semoga silaturahmi ini dapat semakin memperkokoh persaudaraan serta mempererat kekerabatan menjadi langgeng, PSMTI masih berkomitmen untuk menjalankan organisasi semaksimal mungkin yang peduli kepada sesama dalam kemanusiaan, untuk membantu meringankan beban saudara-saudara yang membutuhkan sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Metro khususnya. PSMTI akan terus bersinergi dengan pemerintah, TNI, dan lainnya.

Selain menjalin silaturahmi dan tali persaudaraan pangeran Edwardsyah Pernong menyematan lencana kerajaan paksi pak sekala brak kepaksian pernong kepada Walikota Metro Wahdi, ketua dan pengurus PSMTI kota Metro.

Pangeran Edward Syah Pernong juga mengunjungi rumah dinas Wali Kota Metro, Selasa (18/1/2022).

Ini merupakan Anjau Silau dari Kerajaan Sekala Brak, dengan gelar Paduka Yang Mulia Saibatin Puniakan Dalom Beliau (PYM SPDB) Drs. Pangeran Edward Syah Pernong, S.H., M.H. Sultan Sekala Brak yang dipertuan ke-23.

Pada kesempatannya, Ia menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang disiapkan oleh Wali Kota Metro.

Ia mengaku beruntung dapat hadir dan bertemu Wali Kota Metro.

Dijelaskannya, Sekala Brak adalah kerajaan bercorak Islam di wilayah Lampung saat ini.

“Semula kerajaan itu bercorak Hindu yang diperkirakan berdiri pada abad ke-3 dan didirikan oleh Suku Tumi,” katanya.

“Pada abad ke-16, kerajaan ini mulai mengadopsi agama Islam yang dibawa oleh empat utusan Kerajaan Pagaruyun. Hingga sekarang Sekala Brak masih mewariskan keturunan yang berusaha melestarikan adat dan budaya Sekala Brak. Kendati sudah tidak memiliki wewenang secara politik lagi,” papar dia.

Ia berharap, kedatangannya dapat menjadi penyambung suku, karena PSMTI di Kota Metro merupakan adik bungsu dari kerajaan Sekala Brak.

“Hal ini merupakan kemuliaan di mana dari sinilah kita berkiprah,” ujarnya.

Pun Edward—sapaannya, juga berharap ke depan Wali Kota Metro dapat melangkah lebih baik dalam memberi kebaikan pada masyarakat. Saya mengapresiasi kinerjanya karena memperoleh capaian vaksin tertinggi,” pungkasnya.

Pada kesempatan sama, Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin merasa bangga dan senang atas kehadiran Sultan Sekala Brak beserta rombongan itu.

Ia mengapresiasi dan menyambut baik atas kegiatan yang diselenggarakan pihak PSMTI sehingga dapat membawa beliau ke Rumah Dinas Wali Kota pada hari ini.

“Semoga dapat mempererat persatuan, kesatuan, dan silaturrahmi untuk pembangunan dan kemajuan Kota Metro,” ucap Wahdi.

Perlu diketahui, Kerajaan Skala Brak sampai saat ini dipercaya sebagai salah satu asal usul ulun Lampung (orang Lampung).

Adapun untuk penyebutannya yakni, Sekala Bekhak, Sakala Bhra, Sekala Beghak, atau Sekala Brak yang merujuk ke sebuah masyarakat berpusat di lereng Gunung Pesagi, dekat Danau Ranau, Lampung Barat.

Sekala Brak menyebar ke beberapa penjuru mengikuti aliran way (sungai). Mulai dari Way Komering, Way Kanan, Way Semangka, Way Seputih, Way Sekampung, dan Way Tulang Bawang beserta anak sungainya, sehingga membuat komunitas ini menyebar sampai ke Palembang, bahkan Pantai Banten. (syamsu/ida)

Comments