Ekonomi

Warga Ganjar Asri Terpilih Sebagai Lokus Pelaksana Kegiatan Perempuan Pra-KS

OTENTIK (METRO)–Pemerintah Kota Metro yang bekerjasama dengan Kelurahan Ganjar Asri dan Dinas PP, PA, PP, dan KB (Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Kota Metro, mengembangkan usaha ekonomi Perempuan Pra-KS dan pemberian bantuan alat keterampilan  pada Warga Binaan, berlangsung di Kelurahan Ganjar Asri, Metro Barat, Senin (30/07/18).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Metro, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Metro, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Metro, Camat dan Lurah Se- Kecamatan Metro Selatan, Tokoh Masyarakat, Warga Binaan Pra-KS, dan para undangan.

Kepala Dinas PP, PA, PP, dan KB Juni Kuswati dalam laporannya mengatakan, bahwa pembentukan Tim pelaksanaan kegiatan pengembangan usaha ekonomi perempuan Pra-KS di Kelurahan Ganjar Asri, Metro Barat, guna untuk menunjang  kelancaran pelaksanaan program P3-KSS berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota Nomor : 437/KPTS/D-8/2018 tanggal 9 Mei 2018.

“Tujuan program ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi Warga Binaan, meningkatkan partisipasi Warga agar dapat hidup layak dan mandiri, meningkatkan derajat kesehatan bagi Warga Binaan agar dapat hidup sehat dan mengerti akan kebersihan lingkungan. Dan yang terakhir untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman obat-obatan yang berguna bagi kesehatan Warga,” tutur Juni Kuswati.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Metro Djohan menyampaikan ucapan selamat kepada Warga Ganjar Asri yang telah terpilih sebagai lokus pelaksana kegiatan pengembangan usaha ekonomi perempuan keluarga Pra-Sejahtera, dan lokus penilaian P3KKS tingkat Provinsi Lampung tahun 2019 mendatang.

“Kegiatan hari ini terfokus kepada Perempuan yang berasal dari keluarga Pra sejahtera dan keluarga sejahtera, dengan target sebanyak 100 kepala keluarga yang ada di Kelurahan Ganjar Asri,” papar Djohan.

Lanjutnya, guna menunjang program pengembangan usaha ekonomi tahun 2018, maka Pemerintah Kota Metro dalam mempersiapkan lomba yang akan datang telah memberikan bantuan berupa alat-alat keterampilan seperti, alat Tataboga, Mesin Jahit, dan Bibit Ikan kepada 10 Kelompok/Warga Binaan.

“Kami berharap bantuan yang telah diberikan dapat dimanfaatkan  dengan sebaik-baiknya oleh kelompok usaha yang sudah ada, yakni dengan dikembangkan dan terus termotivasi untuk menciptakan inovasi,” tegas Djohan lagi.

Selanjutnya, Dinas terkait harus memberikan dukungan yang maksimal kepada para penerima bantuan, sehingga Mereka dapat  memberikan hasil yang maksimal pula. Dengan harapan kedepannya nanti, lomba yang akan terselenggara tersebut dapat meningkatkan usaha dan pendapatan Warga sekitar.

Mengenai dana kegiatan bersumber dari APBD Pemerintah Kota Metro tahun anggaran 2018, yang berada di Dinas PP, PA, PP, dan KB Kota Metro. (mad)


Comments