Politik

Ucapan Selamat Pun Datang dari Berbagai Pihak

Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam foto bersama Gubernur Provinsi Sumatera (Sumsel), H. Alex Noerdin, usai dilantik di Graha Bina Praja (Auditorium) Pemprov. Sumsel, Senin (7/8/2017).

OTENTIK (SUMSEL)–Setelah menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Ogan Ilir (OI) sejak Maret tahun lalu, akhirnya HM Ilyas Panji Alam resmi dilantik menjadi Bupati OI definitif oleh Gubernur Provinsi Sumatera (Sumsel), H. Alex Noerdin, Senin (7/8/2017).

Ucapan selamat pun datang dari berbagai pihak, terutama pejabat berbagai lembaga dan instansi pemerintahan.

Di Kota Indralaya, ucapan selamat tampak diberikan lewat puluhan papan bunga yang terpajang di sepanjang jalan di depan perkantoran Pemda OI lama, Koramil 40207 Indralaya, dan Mapolsek Indralaya.

"Pak Bupati dilantik, apo maksudnyo ini? Apo selamo ini beliau bukan bupati?" ungkap salah seorang warga Indralaya saat ditanya perihal pelantikan bupati definitif pengganti Ahmad Wazir Nofiadi ini, baru-baru ini.

Setelah dijelaskan, warga baru mengerti jika selama ini HM. Ilyas Panji Alam yang sering mereka lihat di media massa maupun secara langsung, merupakan Plt Bupati.

"Oh, jadi tadinyo Plt, sekarang mulai menjabat bupati nian," ujar warga tersebut.

Pelantikan HM. Ilyas Panji Alam dilaksanakan di Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Palembang pukul 11.00.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin melakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam, melanjutkan sisa masa jabatan 2016-2021. Pelantikan berlangsung di Graha Bina Praja (Auditorium) Pemprov. Sumsel, Senin (7/8/2017).

Khusus Kepada Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam, Gubernur Sumsel Alex Noerdin meminta agar terus melakukan pengawalan pemadaman api dengan turun langsung kelapangan. Menurutnya, permaslahan Karhutlah harus dicegah dengan melakukan penindakan tegas agar jangan sampai terulang kembali Karhutlah seperti di tahun 2015 lalu.

“Pak bupati setelah pelantikan ini segera turun kelapangan menyelesaikan permasalahan ini, permasalahan kebakaran itu tidak main-main. Saya berpesan juga kepada tiga Bupati lainnya selain Ogan Ilir yakni Muba, Banyuasin, OKI dan Muaraenim, jangan sampai terjadi Karhutlah. Beberapa Hotspot di Kabupaten Ogan Ilir. Kita usahakan memadamkannya, memamg lokasinya jauh, angin kencang, dan banyaknya semak belukar yang kering. Tapi, kita yakin hari ini api sudah bisa di padamkan, dan kita menjaga agar api tidak meluas,” tegas Alex.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menginstruksikan seluruh kepala desa, lurah dan camat se-Kabupaten Ogan Ilir, selalu berada di wilayah masing-masing untuk menjaga jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah). Pasalnya, sejak hari Sabtu 5 Agustus jam 16.00 telah terjadi kebakaran besar di Kecamatan Pemulutan Barat di Desa Arisan Jaya, Desa Ulak Petangisan Kabupaten Ogan Ilir sebanyak 6 titik api hingga dilakukan ratusan kali waterbombing. Kemudian di hari Minggu 6 Agustus terdapat 17 titik api dengan 215 kali waterbombing.

“Hari ini titik api menjadi 34 hotspot, saya minta seluruh kepala desa, lurah dan camat, turun langsung kelapangan memadamkan api dan mencegah agar tidak meluas. Termasuk Bupati saya minta turun kelapangan mengawal pemadaman api dan mengaktifkan seluruh Manggala Agni yang kita bentuk di setiap wilayah,” pinta Alex.

Terkait pelantikan ini, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengharapkan agar polemik terkait Bupati Ogan Ilir dapat berakhir. Seperti kita ketahui, Bupati Ogan Ilir sebelumnya diberhentikan jabatannya karena kasus narkoba.

“Setelah pelantikan ini, selesai sudah polemik tentang Bupati Ogan Ilir, jangan lagi berpolemik siapa yang akan menjadi wakil bupati. Sekarang berikan kesempatan Bupati bekerja membangun Kabupaten Ogan Ilir,” pungkasnya. (sam/red)


Comments