Berita Hangat

Pemkab Gelar Rakor Progam Inovasi Desa Kabupaten Lampung Timur 2019

OTENTIK (LAMPUNG TIMUR)--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur melalui  Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) menggelar rapat koordinasi (rakor) Progam Inovasi Desa Kabupaten Lampung Timur 2019.

Pelaksanaan rapat koordinasi Progam Inovasi Desa Kabupaten Lampung Timur 2019 diikuti oleh Camat Se-kabupaten Lampung timur, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Lmpung Timur serta TPID-PID, PDTI, PDP dan PLD Se-kabupaten Lampung Timur, tempat penyelenggaraan di Hotel Yestoya, Way Jepara, Lampung Timur, Kamis (2/5/2019).

Rakor progam inovasi desa Kabupaten Lampung Timur 2019 sebagai salah satu amanah dari keberadaan Undang- Undang Nomor 6 tentang Desa ialah adanya fasilitas untuk menciptakan Desa-Desa di Indonesia yang demokratis, mandiri, dan sejahtera.

Program Inovasi Desa ialah pendampingan yang dilakukan untuk mendorong pemanfaatan dana Desa lebih berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa. Program Inovasi Desa baru berjalan selama dua tahun ini. Lewat program yang diinisiasi Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyrakat Desa (PPMD) itu telah menghasilkan sejumlah inovasi dari Desa-Desa di Indonesia.

Program Inovasi Desa dioptimalkan melalui Dana Desa yang telah disalurkan ke 74.957 Desa di Indonesia sejak 2015.

Menurut Diki, Pembelajaran inovasi Desa ini dapat benar-benar menyiarkan fakta sosiologis upaya-upaya Desa ini membangun keberdayaan prikehidupan dari pinggir sehingga kepercayaan publik kepada Desa semakin besar karena kemampuan Desa membangun serta menjaga kepercayaan negara dalam bentuk limpahan kewenangan dan subsidiaritas. (dedi/kominfo lamtim)


Comments