Berita Hangat

Covid-19, Bupati Loekman Gelar Raker dengan Kepala Puskesmas se-Lampung Tengah

OTENTIK (LAMPUNG TENGAH)--Mewaspadai penyebaran Covid-19 atau yang biasa dikenal dengan virus corona, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menggelar Rapat Kerja (raker) dengan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Lampung Tengah, Kamis (26/3/2020). Rapat kerja Gugus Tugas ini untuk mereview kesiapan Pemerintahan Kabupaten Lampung Tengah dalam mengantisipasi penyebaran virus corona.

Dalam laporannya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Tengah dr. Otnil Sriwidiatmoko menjelaskan bahwa yang hadir dalam rapat kerja gugus tugas kali ini adalah Kepala-Kepala Puskesmas se-Kabupaten Lampung Tengah beserta jajaran kesehatan lainnya dengan tujuan untuk membahas lebih dalam kesiapan Pemerintahan Kabupaten Lampung Tengah dalam mengantisipasi penyebaran virus corona.

Dr. Otnil melaporkan bahwa hingga sampai saat ini ketersediaan obat obatan dan alat medis lainnya telah siap dan khusus untuk cairan disinfektan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Tengah telah menyiapkan sekitar 60 ribu liter disinfektan berikut hand sprayer-nya yang akan didistribusikan kemasing-masing kecamatan hingga ke kampung-kampung, dengan harapan Kabupaten Lampung Tengah akan seteril dan terbebas dari wabah virus corona.

Sementara itu Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto dalam arahannya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada para petugas medis di Lampung Tengah yang telah berupaya bahu membahu menangani mencegah mewabahnya virus corona di Lampung Tengah, apresiasi tersebut Bupati berikan sekaligus memberikan tunjangan tambahan kepada masing-masing para medis mulai dari dokter, perawat dan tenaga medis lainnya.

Selain itu dalam rapat bersama ini Bupati ingin memastikan SOP penanganan pencegahan virus corona ini apakah sudah dipahami dan siap dijalankan oleh tenaga medis di Lampung Tengah, termasuk penanganan jika ada tamu yang datang dari luar Lampung Tengah yang terinfeksi, mengingat Kabupaten Lampung Tengah ini adalah merupakan daerah perlintasan dari sumatera ke pulau jawa dan sebaliknya.

Loekman  mengaku sejak merebaknya wabah corona di dunia, pihaknya  terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait penanganannya. Apalagi, kini Indonesia masuk dalam negara yang terjangkiti termasuk di Provinsi Lampung, namun alhamdullilah hingga saat ini warga masyarakat Kabupaten Lampung Tengah tidak ada yang terinfeksi virus tersebut.

Dan untuk diketahui bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Demang Sepulau Raya saat ini juga telah ditunjuk sebagi rumah sakit rujukan penanganan virus corona dengan tegas Bupati menyatakan telah menyiapkan ruangan isolasi termasuk dengan tenaga medisnya .

Dalam kesempatan ini Bupati meminta seluruh puskesmas mulai menggencar mensosialisasikan upaya preventif agar tidak mudah terinfeksi virus corona. Salah satunya dengan menjaga pola hidup sehat. Terkait langkanya bahan-bahan pembuatan carian disinfektan di pasaran termasuk pelindung seperti masker sangat sulit didapatkan, untuk itu Bupati akan melakukan koordinasi dengan pihak penegak hukum dan satuan polisi pamong praja untuk merazia bila kedapatan ada yang melakukan penimbunan barang barang tersebut. (red/kmf)

Comments