Berita Hangat

Pendistribusian Bansos, DPC AWPI Kota Bandarlampung Berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Bulog

OTENTIK (BANDARLAMPUNG) – Dalam rangka upaya melakukan kontrol sosial, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Kota Bandarlampung telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial dan juga Bulog. Pendampingan serta pengawalan yang dimaksud ialah perihal pendistribusian bantuan sosial (bansos) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung dan juga bansos oleh pemerintah pusat.

“Kita sudah melakukan komunikasi dengan dinas sosial melalui Pak Tole selaku Kepala Dinas, dan juga pihak Bulog yakni bagian Humas nya Pak Rafky Ismail, terkait AWPI akan melakukan pengawalan dalam pendistribusian Bansos dari Pemerintah Pusat tersebut, yang mana dikabarkan akan di distribusikan pada Jumat (8/5/2020) besok,” ungkap Refky selaku Ketua DPC AWPI Kota Bandarlampung, Kamis (7/5/2020).

Refky juga menyampaikan, pihaknya sendiri sudah melakukan rapat internal pengurus AWPI dan telah membentuk Tim khusus dalam pengawalan pendistribusian bantuan Pemerintah Pusat tersebut.

“Tidak hanya terkait bantuan presiden ini saja, AWPI juga akan bergerak melakukan pengawalan terhadap bantuan sosial dari pemerintah kota Bandarlampung terkait Covid-19 ini,” jelasnya.

Lanjutnya, sebagai organisasi profesi yang dimana kita selaku pers ditugaskan untuk melakukan kontrol sosial, dan itu bagi kami sebagai insan pers hukumnya fardhu ain.

“Jadi kami tidak main-main dalam menjalankan perintah organisasi apalagi Undang-undang,” tegas Refky.

Sementara itu, perihal mekanisme pendistribusian bantuan sosial (bansos) oleh Pemerintah Pusat (Pemsat), yang rencananya akan dibagikan kepada masyarakat kota Bandarlampung, pada Jumat (8/5/2020) besok. Saat ini tengah dalam persiapan, sampai kepada persoalan teknis.

Hal tersebut disampaikan oleh Tole Dailami, selaku Kepala Dinas Soisal (Kadinsos) Kota Bandarlampung. Ia memaparkan bahwa, terkait siapa para penerima bantuan tersebut nantinya akan didata oleh pihak kecamatan, diutamakan bagi warga yang belum mendapatkan bantuan, agar tidak ada warga yang merasa belum mendapatkan bantuan.

“Mudah-mudahan hari jum’at besok, pendataan dari masing-masing kecamatan sudah selesai, sehingga bantuan dapat di distribusikan,” ujar Tole, Kamis(7/5/2020).

Kadinsos Kota itu mengabarkan bahwa, pada hari Jumat besok, pada pukul 10:00 WIB pagi, akan ada serah terima dari Bulog kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung.

“Apakah akan langsung diserahkan ke masing-masing kecamatan atau belum, masih menunggu konfirmasi dari Bulog, bagaimana teknisnya besok (Jumat),” jelasnya.

Lanjutnya Tole, terkait pendataan dan juga pendistribusian itu tanggungjawabnya akan diserahkan oleh pak wali kepada pihak kecamatan dan perangkatnya, karena mereka yang paling tahu kondisi masyarakat di wilayah masing-masing.

“Dinas Sosial akan mengkoordinir pertanggungjawaban soal administrasi, seperti, berkas tanda terima, dokumentasi dan lain-lain, sesuai format yang diminta oleh sekretariat Presiden,” ungkap Tole. (*/ida/rls)

Comments