Berita Hangat

Gubernur Arinal Dorong Mesuji Bangun Pertumbuhan Ekonomi Demi Kesejahteraan Masyarakat

OTENTIK (MESUJI) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Mesuji demi kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto saat mewakili Gubernur menyaksikan Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) TA 2020 Kabupaten Mesuji di Rumah Dinas Bupati Mesuji, Rabu (21/10/2020).

Menurut Gubernur, seperti disampaikan Sekdaprov, dalam melakukan pembangunan pertumbuhan ekonomi harus melihat indikator-indikator yang mencerminkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

"Inilah yang menjadi cita-cita Bapak Gubernur dan Bapak Bupati," ujar Fahrizal yang juga Koordinator TPAKD Provinsi Lampung.

Sekdaprov Fahrizal berharap dengan niat baik dan semangat bersama maka pembangunan di Kabupaten Mesuji akan semakin baik dari hari ke hari.

Sebab, menurutnya, Kabupaten Mesuji memiliki visi yang selaras dengan Pemerintah Provinsi Lampung dimana semua fokus pembangunan ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kalau kita berbicara pembangunan hanya pertumbuhan ekonomi saja itu tidak cukup, tetapi kita juga harus melihat indikator-indikator yang mencerminkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Fahrizal menjelaskan seluruh masyarakat harus membangun Lampung dengan penuh semangat dalam berbagai bentuk program kerja salah satunya TPAKD sebagai upaya menghidupkan kegiatan ekonomi masyarakat termasuk UMKM.

"Dengan akses keuangan semoga semua faktor produksinya dapat terpenuhi sehingga produksinya bisa lebih menjadi produktif menghasilkan nilai tambah dan nilai tambah inilah yang menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Fahrizal juga meminta kepada Dinas Disdukcapil Kabupaten Mesuji untuk melakukan peningkatan terhadap perekaman KTP masyarakat.

"Karena masyarakat begitu tidak mempunyai KTP maka tidak akan mempunyai akses untuk mendapatkan bantuan sosial dan tidak bisa juga mempunyai akses terhadap lembaga keuangan,"  katanya.

Pengukuhan Tim Percepatan ini dilakukan langsung oleh Bupati Mesuji Saply TH. Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin ditunjuk sebagai Koordinator TPAKD Kabupaten Mesuji dan selaku Ketua yakni Asisten Bidang Perekonomi dan Pembangunan Setdakab Mesuji Beddi.

Sementara itu, Bupati Mesuji Saply TH mengatakan terhadap tim TPAKD yang dikukuhkan untuk terus meningkatkan intensitas penyebaran informasi, pendampingan dan inovasi lainnya dalam rangka memperluas akses keuangan masyarakat.

"Selamat kepada TPAKD Kabupaten Mesuji yang telah dikukukan semoga dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya," ujar Bupati Saply.

Saply mengatakan Kabupaten Mesuji dalam rangka percepatan akses keuangan daerah melakukan pendampingan kepada dunia usaha khususnya UMKM agar dapat mengakses permodalan kepihak perbankan termasuk kepada para petani.

Ia menyebutkan termasuk menjalin komunikasi dalam berbagai forum dengan pihak perbankan.

"Semua ini kami laksanakan demi meningkatkan aksesbilitas keuangan dunia usaha kepada lembaga keuangan sehingga mampu menggerakkan sektor ril dan mampu memacu pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mesuji," katanya.

Pada kesempatan itu, diserahkan juga penerima program KUR dari Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau serta penyerahan Asuransi Usaha Tanam Padi.

Ada yang istimewa dari kegiatan ini, Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto mendapatkan kejutan berupa kue ulang tahun dan nasi tumpeng karena tepat hari ini dirinya berusia 56 Tahun.

Ucapan selamat serta doa terus disampaikan dari jajaran Pemerintah Kabupaten Mesuji dan para tamu undangan yang hadir. (ida/adpim)

Comments