Pariwisata

Wali Kota Pairin Resmikan Wisata Embung Harapan Baru

Embung Harapan Baru di Kelurahan Hadimulyo Timur Kecamatan Metro Pusat dapat dijadikan wisata keluarga dan lomba memancing.

OTENTIK (METRO)–Wali Kota Metro Achmad Pairin meresmikan wisata keluarga Embung Harapan Baru di Kelurahan Hadimulyo Timur Kecamatan Metro Pusat, Minggu (4/2/2018).

Embung ini dibuat secara swadaya oleh masyarakat kelurahan tersebut. Dikatakan Wali Kota Pairin, rencana untuk membuat wisata embung tersebut murni dari keinginan masyarakat. Dimana, masyarakat kelurahan tersebut bergotong royong untuk membuat wisata embung tersebut. 

"Dalam pembukaan ini mereka mengadakan lomba memancing. Nah sebelumnya mereka meminta bantuan bibit ikan untuk dibudidayakan. Tetapi saya kasih ikan 3 kwintal. Nanti silahkan dibudidayakan untuk kedepannya," ungkap Pairin usai acara pembukaan. 

Pihaknya, juga mengapresiasi masyarakat Kota Metro yang ikut mendukung visi Kota Metro sebagai kota pendidikan dan wisata keluarga. Pasalnya, saat ini banyak masyarakat yang sudah membuat gerakan untuk mewujudkan visi tersebut. 

"Salah satunya ya rencana pembuatan Kampung Buah di Tejosari dan juga ini. Initinya kembali lagi ke visi kita sebagai kota pendidikan dan wisata keluarga yang berbasis dengan ekonomi kerakyatan dan berlandaskan pembangunan partisipatif. Nah silahkan masuk ke situ, nanti kita pemerintah daerah akan memfasilitasinya," papar wali kota. 

Ditempat yang sama, Ketua Paguyuban Embung Harapan Baru, Ponijan mengatakan, ide untuk membuat wisata embung tersebut merupakan usulan dari masyarakat. Di mana nantinya wisata tersebut akan diisi dengan hasil kreatifitas dari masyarakat sekitar. 

"Ini juga merupakan bentuk dukungan kita terhadap visi Kota Metro. Banyak kreatifitas dari masyarakat salah satunya yakni kursi dari drum. Nah ini nanti yang akan kita tampilkan disini. Jadi nanti hasil kreatifitas dari masyarakat kita taruh disini," terangnya. 

Ditambahkanya, kedepan pihak paguyuban juga akan menggandeng para pemuda dan menyediakan wahana untuk permainan anak-anak. 

"Nanti para pemuda ini yang melatih anak- anak untuk bermain egrang maupun lainya. Jadi selain untuk menjadi wadah masyarakat menyalurkan kreatifitas, tempat ini jiga bisa digunakan untuk wahana bermain anak-anak," jelasnya. (mad)


Comments