Pendidikan

Mahasiswa Asing Serbu IIB Darmajaya! Temukan Kejutan di Trial Class Prodi Sains Data

OTENTIK ( BANDARLAMPUNG ) – Ada yang berbeda dengan trial class lainnya di Prodi Sains Data Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dengan hadirnya dua mahasiswa asing penerima beasiswa Darmasiswa Kemdikbudristek RI 2024.


Dua mahasiswa asing dari Madagaskar tersebut yakni Rakotosoa Raoelinalahatra Leoncia dan Ramizaharisoanirina Olivah Kelvine. Keduanya berbaur dengan mahasiswa Prodi Sains Data dalam Trial Class yang berlangsung meriah di Gedung Pascasarjana IIB Darmajaya Lantai II, Rabu (4/9).


Acara yang diikuti calon mahasiswa baru ini untuk mengenal lebih jauh Prodi Sains Data. Dalam kegiatan tersebut, para calon mahasiswa baru diperkenalkan dengan dosen-dosen Prodi Sains Data dan pengurus Himpunan Mahasiswa Sains Data.


Ketua Program Studi Sains Data, Dr. Yuni Arkhiansyah, S.Kom., M.Kom dengan penuh semangat mengenalkan prodi Sains Data kepada para peserta, termasuk kedua mahasiswa Madagaskar. Ia menekankan pentingnya Sains Data di era digital saat ini. "Sains Data adalah kunci untuk memahami dan memanfaatkan informasi yang tersebar luas di dunia digital saat ini," jelas seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.


Sains Data sendiri merupakan disiplin ilmu yang menggabungkan statistika, matematika, dan teknologi komputer untuk mengolah dan menganalisis data dalam jumlah besar. Di era digital ini, hampir semua sektor industri menghasilkan data dalam jumlah masif setiap hari.


Kemampuan untuk menganalisis serta menginterpretasikan data tersebut menjadi sangat krusial, karena dengan pemahaman mendalam tentang Sains Data, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih baik, memprediksi tren pasar, dan meningkatkan efisiensi operasional.


Salah satu peserta, Reza Lintang Hana Pratama, lulusan SMA Negeri Olahraga Kota Metro, mengaku semakin tertarik dengan Prodi Sains Data setelah mengetahui bahwa ia akan belajar bersama mahasiswa internasional. “Saya memilih prodi ini karena prospek kerjanya yang bagus dan terjamin di era digital saat ini,” ungkapnya.


Reza mengaku tidak menyangka di Prodi Sains Data bisa bertemu teman dari Madagaskar. "Ini membuat IIB Darmajaya semakin terasa nuansa internasionalnya," tambah Reza yang juga merupakan penerima beasiswa dari Yayasan Alfian Husin berkat prestasinya di bidang olahraga voli.


Untuk pendaftaran mahasiswa baru dapat langsung mengunjungi laman pmb.darmajaya.ac.id. Atau dapat langsung menghubungi narahubung selama 24 jam 08117972244 atau 082306097566.(**)

Comments