Pendidikan

Panduan Praktis Mengelola Anggaran Perusahaan: Buku Ajar dari Dosen IIB Darmajaya

OTENTIK ( BANDAR LAMPUNG ) -- Mengelola anggaran perusahaan sering kali menjadi tantangan bagi banyak pelaku bisnis, terutama dalam memahami konsep penganggaran yang tepat dan aplikatif. Namun, kini ada solusi praktis yang dapat membantu pengusaha dan mahasiswa memahami pengelolaan anggaran secara menyeluruh.


Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menghadirkan buku berjudul "Anggaran Perusahaan” yang ditulis oleh tiga dosen yakni Dedi Putra, S.E., M.S.Ak.; Pebrina Swissia, S.E., M.M. dan Anik Irawati, S.E., M.Sc. Ketiganya aktif mengajar di Program Studi Accountpreneurship/Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.


Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai pengelolaan anggaran perusahaan dengan pendekatan yang praktis dan aplikatif. Buku ini tidak hanya menekankan teori, tetapi juga dilengkapi dengan studi kasus dan contoh nyata yang dapat diaplikasikan dalam pengelolaan anggaran sehari-hari.


Menurut Dedi Putra, pengelolaan anggaran sering kali menjadi hal yang membingungkan bagi perusahaan karena kurangnya pemahaman terkait strategi keuangan yang efektif. “Kami berharap buku ini bisa menjadi panduan bagi mahasiswa dan pelaku bisnis untuk memahami konsep dasar penganggaran hingga tahap lanjutan dengan lebih mudah dan tepat sasaran,” ujarnya.


Sementara itu, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu IIB Darmajaya, Zaidir Jamal, S.T., M.Eng., mengungkapkan bahwa buku ini merupakan salah satu dari delapan buku ajar yang berhasil mendapatkan hibah dari IIB Darmajaya pada tahun 2024. “Proses penerbitannya melalui seleksi, tinjauan menyeluruh, hingga akhirnya dicetak. Hibah buku ajar ini bertujuan untuk memotivasi para dosen agar lebih aktif menulis dan menerbitkan buku, sehingga bisa memberikan kontribusi yang lebih besar dalam dunia akademik,” ungkap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.


Dengan diterbitkannya buku Anggaran Perusahaan, IIB Darmajaya semakin memperkuat posisinya sebagai institusi yang menghasilkan karya akademis berkualitas yang bermanfaat bagi banyak kalangan. Bagi kalian yang tertarik mempelajari lebih dalam tentang pengelolaan anggaran perusahaan, buku ini bisa menjadi panduan praktis yang tepat. Dengan pendekatan yang aplikatif dan contoh nyata dari dunia bisnis, buku ini dapat membantu kalian menguasai konsep anggaran dengan lebih baik dan siap menghadapi tantangan keuangan dalam dunia usaha.

Untuk pendaftaran mahasiswa baru dapat langsung mengunjungi laman pmb.darmajaya.ac.id. Atau dapat langsung menghubungi narahubung selama 24 jam pada nomor 08117972244 atau 082306097566.(**)

Comments