Pariwisata

Bupati Chusnunia Ikut Mempercantik Taman Rekreasi Langen Tirto Swadaya

Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim, turun langsung ikut mempercantik Taman Rekreasi Langen Tirto Swadaya Desa Gondang Rejo Kecamatan Pekalongan, Minggu (29/10/2017).

OTENTIK (LAMTIM)–Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim, turun langsung ikut mempercantik Taman Rekreasi Langen Tirto Swadaya Desa Gondang Rejo Kecamatan Pekalongan, Minggu (29/10/2017).

Dengan dibantu kurang lebih dua ratus lima puluhan relawan dari warga dari tiga desa yakni Godang Rejo, Siraman, dan Purworejo, Bupati Chusnunia berupaya menyemangati warga sekitar lokasi Taman Rekreasi Langen Tirto Swadaya untuk turut membersihkan dan mempercantik Dam Swadaya agar dapat kembali menjadi lokasi wisata daerah.

Taman Rekreasi Langen Tirto Swadaya atau juga dikenal dengan Dam Swadaya merupakan bendungan penampung air untuk mengairi lahan pertanian khususnya persawahan yang juga difungsikan sebagai tempat wisata, namun keberdaannya sebagai tempat wisata beberapa tahun terakhir ini belum tergarap dengan baik.

Selain sebagai irigasi, Dam Swadaya yang dibangun pada tahun 1953 tersebut di medio tahun 2000-an  telah dikenal sebagai tempat wisata yang menyajikan fasilitas rekreasi, seperti lahan parkir yang cukup luas, pesanggrahan wisata, perahu atau sepeda air dan rumah makan yang kesemuanya cocok sekali untuk mengabiskan akhir pekan atau berekreasi bersama keluarga.

Dikatakan oleh Mujianto selaku Kabag Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Timur, “upaya ibu bupati terjun langsung dalam membenahi Dam Swadaya adalah sebagai bentuk kepedulian, dan untuk mendorong warga sekitar agar merasa memeliki Dam Swadaya, di samping untuk membangkitkan dan mengembangkan Dam Swadaya sebagai destinasi wisata daerah sebagaimana pada masa jayanya dahulu tentunya,” ungkap Mujianto.

Terpisah, menurut Yovi selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Gondang Rejo, “tujuan diadakannya bersih-bersih Dam Swadaya adalah untuk kerja bakti, dan menghidupkan wisata Dam Swadaya kembali. Mengingat Dam Swadaya saat ini seperti mati suri,” jelasnya.

Lebih lanjut diutarakan Yovi, “rencana kedepan kami akan mengadakan tempat selfie (swafoto), rumah-rumahan kayu, wisata wisata kuliner atau petualangan lainnya. Dan untuk itu, kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perkerjaan Umum dan Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Timur,” terangnya. (jn/red)


Comments