Berita Hangat

Ilyas Panji Alam Resmi Dilantik Sebagai Bupati Ogan Ilir

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Ir H Alex Noerdin, SH saat saat melantik HM Ilyas Panji Alam, SH SE MM sebagai Bupati Ogan Ilir (OI) masa sisa bakti 2016-2021 di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Senin (7/8/2017).

OTENTIK (SUMSEL)–Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Ir H Alex Noerdin, SH menyampaikan dua pesan saat melantik HM Ilyas Panji Alam, SH SE MM sebagai Bupati Ogan Ilir (OI) masa sisa bakti 2016-2021 di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Senin (7/8/2017).

Yang pertama soal kebakaran hutan dan lahan gambut di Ogan Ilir (OI) hingga saat ini belum padam. Pesan lainnya agar bupati ikut menjaga Universitas Sriwijaya agar tidak terjadi gejolak hingga lapor ke DPRD Provinsi Sumsel untuk penyelesaiannya.

"Di Desa Arisan Jaya Ulak Petangisan ada 6 titik kebakaran, kita mengerahkan 3. BPBD Provinsi dan OI, Manggala Agni, TNI, 215 kali belum bisa dipadamkan. Hari ini 35 hotspot. Kapolda menyusul. Pak Bupati perintahkan Camat dan Kades tidak boleh meninggalkan tempat. Bahkan ke Inderalaya. Jaga desa masing-masing. Aktifkan Peduli Api. Ini baru mulai. Pak Bupati pulang dari sini, lepas pakaian, pakai baju lapangan pantau api," ungkap gubernur.

Menurut mantan Bupati Muba dua periode ini, persoalan Karhutla ini harus dilakukan tindakan tegas.

"Bayangkan ribuan tentara sudah dilibatkan. Baru kebakaran Ogan Ilir (OI). Jaga jangan sampai meluas. Bayangkan api itu membesar. Mudah-mudahan api itu padam. Kita tidak main-main. Isu kedua OI yakni Universitas Sriwijaya pasti ada pemecahannya. Bupati dalam hal ini. Dengan dilantiknya Pak Ilyas usai sudah polemik bupati. Selesai sudah membangun daerah. Soal wakil biarkan kami memikirkan," jelas Alex.

Setelah melakukan penandatangan fakta integritas, dan penyematan tanda jabatan dan penyerahan petikan SK Mendagri RI Tjahjo Kumolo yang ditetapkan 5 Juni 2017.

Tampak ruangan pelantikan sesak dipenuhi tamu undangan. Banyak sekali tamu kehormatan yang hadir siang ini. Anggota DPR RI H Yulian Gunhar, Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda, Kapolda, Pangdam, FPKD Provinsi, FKPD Kabupaten, tetua, tokoh masyarakat, para camat, Kades.

Sementara itu setelah menunggu lama hendak mewawancarai usai pelantikan sebagai Bupati Ogan Ilir (OI)  masa sisa bakti 2016-2021 di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Senin (7/8/2017), HM Ilyas Panji Alam SH SE MM mohon pamit padamkan api Karhutla.

"Sekarang saya mau memadamkan api dulu. Kita fokuskan sekarang memadamkan titik api," ujar Ilyas menjawab singkat pertanyaan wartawan.

Terkait seputar pelantikan dirinya sebagai Bupati Ogan Ilir (OI), Ilyas yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumsel menyatakan polemik seputar Bupati OI telah selesai.

"Alhamdulillah dengan Pak Gubernur. Dengan telah dilantiknya saya, polemik mengenai Bupati Ogan Ilir itu sudah selesai. Nanya wakil (bakal calon wakil bupati Ogan Ilir). Tanya dengan Pak Gubernur," pungkas Ilyas. (sam/red)


Comments