Berita Hangat

Bupati Lambar Lepas 135 Jamaah Umroh

OTENTIK (LAMBAR)–Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus melepas 135 jamaah umroh di Masjid  Islamic Center KST Kabupaten Lambar menuju wisma Haji Bandar Lampung dengan menggunakan 3 unit kendaraan Bus, Minggu (6/5/18) malam, pukul 20.00 WIB.

Dalam acara tersebut juga di hadiri oleh Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin, Dandim 0422/LB Letkol Kav Adri Nurcahyo S.T, Plt. Sekda kab Lambar Akmal Abdul Nasir S.H, Waka Polres Lambar Kompol M.Riza T. S.H. MH., Para Asisten dan Staf Ahli Bupati Lambar, Kepala OPD Pemkab Lambar Dan Peserta umrah.

Sebelum di lepas oleh Bupati terlebih dahulu membaca qalam ilahi dan juga penyematan Id Card jamaah umroh tertua dan jamaah umroh termuda.

Dalam sambutannya Bupati Lambar Parosil Mabsus mengatakan pemberangkatan jama’ah umroh merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah umroh dengan niat mengharap ridho Allah SWT, kegitan ini tidak mengarah kepada hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, karena ibadah umroh merupakan ibadah sunnah bagi yang mampu melaksanakannya, baik yang mampu secara ekonomi, kesehatan serta fisik dan mental, disamping harus memenuhi persyaratan, baik syarat dalam ketentuan syariat maupun syarat yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Ibadah umroh yang akan saudara-saudara laksanakan hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara. selanjutnya agar saudara-saudara dapat memahami hakikat dari ibadah umroh itu sendiri, yaitu ibadah secara total yang bukan melibatkan fisik semata, tetapi juga ibadah batin,” jelasnya.

Dari semua bentuk ibadah itu, Lanjutnya, semuanya berakhir pada kontrak atau perjanjian sebagai makhluk Allah SWT untuk berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabi’at yang tidak baik yang pernah kita kerjakan sebelumnya.

Pihaknya bersyukur karena Lambar dapat memberangkatkan jamaah umroh tersebut.

“Syukur atas nikmat Allah bapak dan ibu bisa berangkat ke tanah suci pada tahun ini dan semua ini kita yakini dan kita percaya atas dasar panggilan Allah SWT, Saya berpesan kepada seluruh jamaah perbanyak ibadahnya perbanyak berdoa, beristighfar dan jaga kesehatannya, pada pemberangkatan ini dengan bersama-sama,” terangnya.

Ia juga berharap, kepada para jamaah yang diberangkatkan tersebut untuk selalu menjaga kekompakan dan kemanan serta kenyamanan dan kebersamaan agar dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk.

Sementara itu Dalam Laporannya Ketua Panitia Danang Harisuseno mengatakan, 135 jamaah tersebut terdiri dari 100 orang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Lambar, sementara 35 orang jamaah mandiri. 

Dijelaskan juga, jamaah umroh termuda bernama Samsiah dengan usia 35 tahun sedangkan jamaah tertua, Ahmad Surohman yang telah berusia 96 tahun. (pho/ptr)


Comments