Berita Hangat

Antisipasi Kenaikan Harga, Bupati Parosil Pantau Pasar Sekincau

OTENTIK (LAMBAR)– Menjelang tibanya bulan suci Ramadan 1439 H, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar Sekincau , Rabu (16/5/2018).

Sidak tersebut dilakukan untuk memantau langsung terkait harga sembako menjelang Ramadhan.

Dalam kesempatan itu, bupati berkeliling ke hampir semua los yang ada. Baik los pedagang beras, bawang, maupun pedagang ikan, ayam dan daging. Disela-sela sidak tersebut, bupati menyempatkan diri berdialog dengan para pedagang, terkait harga sembako  dan kepatuhan pedagang dalam mentaati peraturan pemerintah yang telah dibuat.

Untuk memastikan ketersediaan stok daging aman dan layak dikonsumsi khususnya menjelang dan selama bulan Ramadhan, sidak pasar dilakukan guna memantau harga serta mengantipasi kenaikan komoditas yang lazim terjadi pada bulan Ramadhan.

Pihaknya juga menjelaskan, kenaikan harga sembako lumrah terjadi menjelang ramadhan dan hari raya lebaran lantaran meningkatnya permintaan. Untuk itu, pihaknya akan terus memantau harga serta ketersediaan stok.

Berdasarkan pengalaman ditahun tahun yang  lalu, kenaikan harga bahan pokok terjadi memasuki pekan kedua dan ketiga bulan Ramadhan. Karena saat itulah diprediksi kenaikan maksimum harga bahan pokok terjadi. "Adapun barang-barang kebutuhan pokok yang menjadi target sidak yakni antara lain meliputi beras, daging ayam, gula, minyak goreng dan telur,"ucapnya sembari berkata "Dengan adanya operasi pasar, maka diharapkan kenaikan harga kebutuhan pokok bisa dikendalikan, sehingga lonjakan harga yang terjadi tidak meresahkan masyarakat,"pungkasnya

Bupati mengimbau seluruh pedagang untuk mentaati seluruh peraturan yang telah dibuat pemerintah, karena menurutnya masih banyak pedagang yang berjualan tidak pada tempatnya dan masuk kedalam jalan raya. Tempat yang seharusnya menjadi lahan parkir ditempati untuk lapak berjualan, begitu juga sebaliknya.

Insyaallah kami akan memberikan tempat yang nyaman dan layak untuk pedagang dan pembeli, jadi kami mohon kepada semuanya dapat bekerjasama dengan baik dengan pemerintah supaya kota kita bersih dan tertata rapi,”katanya.

Lebih lanjut Bupati berharap agar pada pembeli juga memarkir kendaraannya sesuai tempat yang sudah disediakan, jangan dipinggir jalan raya, agar lalu lintas lancar, tertib, dan aman. 

Dia juga mengatakan, melalui sidak tersebut dirinya ingin mengetahui langsung kondisi dan situasi pasar pada masa-masa ramai pembeli, menjelang Ramadan. Sehingga pemerintah daerah bisa menentukan langkah yang harus diambil, jika ada masalah dilapangan.

Untuk di ketahui Bupati Lambar Parosil Mabsus didampingi Asisten Bidang Perekonomian Ir. Natha Djudin Amran, Kadis Koprindagsar Ir. Amirian, Kabag Humas dan Protokol Sekdakab Lambar Surahman, S.IP., Kabag Perekonomian  Ronggur.  (pho/ptr)


Comments