Pendidikan

Bupati Pesibar Melepas Karnaval Untuk Memeriahkan HUT Ke-72 RI

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, didampingi Wakil Bupati, Erlina, melepas karnaval memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017.

OTENTIK (PESIBAR)–Ribuan pelajar dan warga Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), berarak-arakan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2017, mengenakan beragam perlengkapan untuk menggambarkan Bhineka Tunggal Ika, mereka berkarnaval memadati Jalan Kesuma, Lintas Barat, Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (17/82017), sejak pukul 13.00 WIB.

Sebanyak 50 regu karnaval dengan masing-masing peserta mencapai 500 orang per-regu, berjalan secara tertib dan menunjukkan atraksi sesuai tema yang disuguhkan. Mulai dari pakaian adat, pakaian profesi, organisasi dan adat istiadat seluruh Indonesia, tergambarkan dalam karnaval yang diselenggarakan melalui Inspektorat Pesisir Barat tersebut.

Petugas lalu lintas gabungan dari jajaran Polres Lampung Barat, Polsek Pesisir Tengah, Sat. Pol-PP Pesisir Barat, dan Dinas Perhubungan sudah mengalihkan serta menggunakan buka tutup jalan lintas barat, namun kemacetan lalu lintas tak terelakan.

Deretan kendaraan baik roda dua dan roda empat hinga sekitar dua kilo meter. Kemacetan kendaraan yang menumpuk serta saling berlawanan arah membuat sulit petugas mengurai dan mengatur lalu lintas hingga peserta selesai menempuh rute sekitar tiga kilometer dengan waktu tempuh sekitar empat jam.

Rombongan peserta Karnaval pertama dari regu SDN 1 Pasar Krui dengan jumlah peserta sekitar 450 orang dilepas oleh Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, didampingi Wakil Bupati, Erlina, Ketua TP-PKK Septi Istiqlal, Ketua Dharmawanita, Komala Helda dan pejabat lainnnya, menyaksikan dan melepas sebanyak 50 regu secara keseluruhan hingga peserta terakhir dari regu Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat.

Peserta karnaval dibagi menjadi tiga kelompok terdiri dari, kelompok taman kanak kanak (Tk) dan sekolah dasar (SD), kelompok sekolah lanjutan tingkat pertama atau sederajat SLTP dan SLTA, kelompok umum terdiri dari organisasi masyarakat, organisasi profesi, organisasi pemerintah daerah (OPD), BUMN, dan instansi vertikal di Kabupaten Pesisir Barat.

Rute yang dilalui, start dari simpang Pahmung dan finish di Labuhanjukung.  Unsur penilaian dari tampilan awal (start) dan akhir (finish). Sajian selama perjalanan, ke kompakan, kerapian dan kedisiplinan kontingen.

Dalam kegiatan ini, panitia menyiapkan hadiah uang pembinaan, tropi 123, dan piagam. Semua rangkaian kegiatan ini adalah sebagai bentuk partisipasi untuk mengisi kemerdekaan HUT ke-72 RI.

Antusias masyarakat dan peserta sangat luar biasa sehingga memadati sepanjang Jalan Kesuma, Lintas Barat. (jn/red)


Comments