Pendidikan

Riset Berkualitas, 19 Dosen IIB Darmajaya Terima Penghargaan Publikasi

OTENTIK ( BANDAR LAMPUNG ) -- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya memberikan apresiasi atas publikasi kepada 19 dosen di Aula Rektorat Lantai III Gedung H. Alfian Husin, pada Sabtu (21/9). Adapun reward yang diberikan berjumlah puluhan juta tersebut merupakan publikasi hasil penelitian yang terbit di jurnal-jurnal nasional maupun internasional.


Salah satunya tembus dalam jurnal bereputasi yakni Dr. Ir. Kurnia Muludi, M.S.Sc., yang berhasil menerbitkan karya ilmiahnya di jurnal Q1, yang merupakan kategori tertinggi dalam standar publikasi internasional. Selain itu, dua nama lain yang juga berkontribusi besar adalah Ir. Suhendro Yusuf Irianto, Ph.D., dan Dodi Yudo Setyawan, S.Si., M.T.I., yang mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal Q3.

"Penghargaan ini bukan hanya soal materi, tapi bagaimana kita terus mendorong kualitas riset di kampus kita. Ini adalah bentuk apresiasi atas kerja keras para dosen yang telah membawa nama baik Darmajaya ke kancah internasional," ujar Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs., selaku Kepala LP2M seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.


Pemberian reward ini sejalan dengan visi IIB Darmajaya untuk terus menjadi pusat unggulan riset yang berdaya saing global. Dr. Sri Lestari menambahkan, langkah ini diambil untuk memotivasi para dosen agar terus mengembangkan diri dalam penelitian, karena publikasi ilmiah adalah salah satu parameter penting dalam meningkatkan reputasi akademik. "Riset yang dihasilkan oleh dosen tidak hanya bermanfaat bagi kampus, tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat luas. Kami berharap, dengan adanya penghargaan ini, semakin banyak dosen yang terdorong untuk terus berkarya dan mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal-jurnal berkualitas," jelasnya.


Rektor IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mendukung dosen dalam menghasilkan karya ilmiah yang berdampak. Salah satunya dengan memperbanyak kesempatan mengikuti konferensi internasional dan menyediakan fasilitas penunjang riset. "Ini adalah awal dari langkah besar untuk terus memajukan kualitas akademik dan reputasi kampus. Kami ingin agar seluruh dosen mampu berperan aktif dalam dunia penelitian dan menjadikan Darmajaya sebagai kampus yang diperhitungkan secara internasional," tuturnya.


Salah satu penerima penghargaan, Dr. Ir. Kurnia Muludi, M.S.Sc. merasa terhormat atas penghargaan yang diterimanya. "Penghargaan ini semakin memacu semangat kami untuk terus menghasilkan penelitian berkualitas. Semoga apa yang kami lakukan bisa bermanfaat tidak hanya bagi kampus, tetapi juga bagi masyarakat luas," ujarnya.


Acara pemberian reward ini menjadi bukti nyata bahwa IIB Darmajaya terus berkomitmen untuk membangun lingkungan akademik yang produktif, inovatif, dan berdaya saing global. Dengan dorongan dari institusi, para dosen diharapkan dapat terus berkontribusi dan mengharumkan nama kampus di tingkat nasional maupun internasional.


Untuk pendaftaran mahasiswa baru dapat langsung mengunjungi laman pmb.darmajaya.ac.id. Atau dapat langsung menghubungi narahubung selama 24 jam pada nomor 08117972244 atau 082306097566.(**)

Comments