Pendidikan

Unila Gelar Rapat Senat sebagai Puncak Dies Natalis ke-59

OTENTIK ( LAMPUNG ) -- Universitas Lampung (Unila) sukses menggelar rapat terbuka senat dalam agenda peringatan dies natalis ke-59, yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna (GSG) Unila, Senin, 23 September 2024.


Kegiatan dibuka dengan pidato Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM,. ASEAN Eng., yang mengusung tema “Menuju World Class University Melalui Penguatan Rekognisi dan Reputasi Global”. Tema ini mencerminkan pemahaman Unila akan pentingnya pengakuan dan reputasi global.


Prof. Lusmeilia menjelaskan, saat ini Unila sedang mengatur upaya strategis dalam meningkatkan kualitas tridarma perguruan tinggi dan memperluas jaringan kerja sama internasional, sehingga cita-cita menjadi world class university bisa tercapai.


Tema yang diusung juga mencerminkan visi holistik Unila yang berorientasi pada masa depan, mengejar keunggulan akademik, memiliki posisi kuat di kancah pendidikan global, serta memberikan manfaat bagi masyarakat.


Beberapa langkah yang ditempuh selama periode September 2023 hingga Agustus 2024, adalah melakukan sejumlah kerja sama dengan perguruan tinggi QS World University Rankings dan Times Higher Education Asia University Rankings dari berbagai negara.


Sejak didirikan, Unila telah memiliki delapan fakultas, mencakup 127 program studi dan 1 pascasarjana. Dengan 39.231 mahasiswa terdaftar, Unila menghasilkan 135.321 alumni yang berperan di level daerah, nasional, hingga internasional.


Atas pencapaian ini, Prof. Lusmeilia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada mereka yang berpegang teguh pada motto Be Strong . Tagline ini memancarkan dedikasi Unila untuk menciptakan generasi terbaik yang berlandaskan nilai-nilai luhur budaya nasional dan Pancasila.


“ Be Strong hadir bukan hanya menjadi slogan, tetapi juga program kerja yang menggerakkan semua anggota komunitas akademik di Unila untuk terus meningkatkan pencapaian tertinggi dalam menjalankan tugas tridarma perguruan tinggi,” ujar Lusmeilia.


Pj. Gubernur Lampung Samsudin yang hadir juga turut memberikan apresiasi kepada tagline Be Strong . “Saya harap, Be Strong benar-benar diwujudkan dengan baik, supaya bisa menjadi lompatan besar dalam pembangunan di Provinsi Lampung,” ujarnya.


Acara ditutup dengan penyampaian orasi berjudul “Inovasi Teknologi untuk Budidaya dan Peningkatan Performa Hortikultura Anggrek Spesies dan Hibrida” oleh Prof. Dr. Ir. Yusnita, M. Sc.


Kemudian dilakukan penyerahan penghargaan bagi alumnus dan purnabakti terbaik oleh Ketua IKPA, pengumuman pemenang berbagai lomba yang diadakan sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59 Unila, serta re-launching website Unila dan launching my-Unila.( Hms)




Comments