Hukum

Tipu Puluhan Mahasiswa, Penjaga Kosan di Bandar Lampung Diringkus Polisi

OTENTIK ( BANDARLAMPUNG ) -- Polsek Sukarame menangkap seorang pria penjaga kosan, lantaran menipu uang milik puluhan mahasiswa di dua universitas yang ada di Bandar Lampung, dengan modus diskon kamar kosan.


Pelaku adalah Aria Putra Djayanegara (43) warga Perumahan Griya Sukarame, Sukarame, Bandar Lampung. 


Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Mukhammad Hendrik Apriliyanto, mengatakan bahwa pelaku melakukan tindak pidana penggelapan uang milik mahasiswa.


"Jadi awal mula bisa terungkap karena banyak mahasiswa melaporkan ke Polsek Sukarame," Kata Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Mukhammad Hendrik Apriliyanto, Rabu (16/10/2024). 


Berawal dari beberapa mahasiswa ingin mencari indekos diwilayah sukarame lalu bertemu pelaku yang menjual minuman ringan sekaligus menjaga kosan tersebut.


Pelaku pun memberikan sedikit diskon Rp 500 ribu dengan pembayaran uang sebesar Rp 7 juta berjangka waktu selama satu tahun.


"Korban pun setuju lalu memberikan uang tersebut namun setelah pulang kampung untuk mengambil barang, saat kembali kamar sudah ditempati," katanya.


Lalu akhirnya tanggal 13 Oktober 2024 anggota Opsnal dipimpin Kapolsek Sukarame Kompol M Rohmawan melakukan penangkapan kepada pelaku.


"Pelaku berhasil diamankan di perumahan Emerald Hill Tanjungkarang Timur dan dibawa ke Polsek Sukarame,"jelasnya.


Setelah diintrogasi ternyata pelaku penggelapan uang kosan tersebut mempunyai banyak korban hingga 75 mahasiswa. 


Sementara itu Kapolsek Sukarame Kompol M Rohmawan mengatakan pelaku sebelumnya pernah masuk penjara atau residivis kasus yang sama pada tahun 2020.


"Dia menjalankan 1 tahun 2 bulan dan untuk uang atau barang lainnya akan kita kembangkan kembali dengan datang kerumahnya,"jelasnya


Adapun pasal penipuan atau penggelapan yang diterapkan kepada pelaku yaitu Pasal 372 KUHPidana.(*)

Comments