Pariwisata

Dit Pol Air Polda Lampung Selenggarakan Kegiatan Sambang Nusa di Pulau Batuah

Personil Dit Pol Air Polda Lampung saat menyelenggarakan kegiatan Sambang Nusa di Pulau Batuah (Batu Kecil) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) Provinsi Lampung, baru-baru ini.

OTENTIK (PESIBAR)–Dit Pol Air Polda Lampung menyelenggarakan kegiatan Sambang Nusa sekaligus melaksanakan upacara HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Pulau Batuah (Batu Kecil) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) Provinsi Lampung, baru-baru ini.

Kegiatan ini diikuti Personil Dit Pol Air Polda Lampung yang dipimpin oleh AKBP Huari Muis, SE, jajaran TNI AL, AD, Pemda Kabupaten Pesisir Barat, dan Polres Lampung Barat.

Pulau Batuah berada di Kecamatan Bengkunat Belimbing Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, merupakan salah satu pulau terkecil terluar Indonesia dalam peraturan presiden no 78 tahun 2005 tentang pengelolaan pulau terkecil terluar wilayah NKRI yang terletak di pekon/desa Bandar Dalam Kecamatan Bengkunat Belimbing Kabupaten Pesisir Barat.

Secara geografis Pulau Batuah berada dititik koordinat 05 53'', 45", dan 104 26" yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sedangkan titik pangkal Pulau Batuah berada pada TD 151 dan TR 151 luas 64,5 hektar dan garis pantai sepanjang 3217 m, pd tahun 2007 pulau tersebut dideklarasikan sebagai kawasan observasi berbagai jenis penyu langka, penyu hijau, belimbing, sisik, serta penyu ridle.

Maksud dilaksanakan Sambang Nusa adalah dalam rangka melaksanakan Polmas Binmas air sekaligus melaksanakan upacara HUT Ke-72 Kemerdekaan RI serta tujuannya sebagai wujud kepedulian Polri, khususnya Dit Pol Air Polda Lampung untuk melaksanakan tugas Polri sebagai Harkamtibmas, serta Gakkum di wilayah perairan.


Tim menuju Pulau Batuah berangkat dari Pelabuhan Bengkunat pukul 04.00 WIB, lebih kurang 50 personil dengan sarana 9 kapal nelayan, sampai Pulau Batuah pukul 06.30 WIB.

Pelaksanaan HUT ke-72 RI di Pulau Batuah, dalam arahannya AKBP Huari Muis, SE, menyampaikan beberapa petunjuk arahan (jukrah) dari Dir Pol Air Polda Lampung Kombespol Rudi Hermanto, SIK adalah agar masyarakat menjaga biota laut dan terumbu karang lingkungan pesisir Pulau Batuah dikarenakan sebagai kawasan konservasi berbagai jenis penyu langka, lobster, dan lainnya. Masyarakat nelayan diharapkan dapat menangkap ikan dengan alat tangkap yang ramah lingkungan serta proaktif memberi informasi terhadap Polair apabila ada giat ileggal fishing dan menggunakan bom ikan, pukat harimau, dan tindak pidana perompakan atau begal laut. Memberi penyuluhan kepada masyarakat agar terhindar dari pengaruh narkoba, psikotropika serta anti Pancasila dan radikalisme. Meningkatkan rasa nasionalisme serta cinta tanah air kepada masyarakat di wilayah Pesisir Barat agar menjaga dan melestarikan ekosistem biota laut di Pulau Batuah sebagai salah satu pulau terluar yang ada di Indonesia.

Dengan adanya giat Sambang Nusa Dit Polair Polda Lampung telah melaksanakan tugas Polri sebagai Harkamtibnas, Gakkum, dan pelayan pelindung masyarakat di pesisir pantai dan wilayah perairan Provinsi Lampung sekaligus dalam rangka membangkitkan rasa nasionalisme, cinta tanah air, agar menjaga keutuhan NKRI.

Diharapkan pelaksanaan kegiatan Sambang Nusa dan upacara HUT RI di Pulau Batuah dapat menjadi agenda rutin tahunan yang dilaksanakan pemerintah daerah Pesisir Barat dan instansi terkait dalam rangka meningkatkan pariwisata, khususnya di wilayah pesisir Barat untuk menjaga Harkamtibmas dan ekosistem laut. (sam)


Comments