Bisnis

Bupati Chusnunia Tawarkan Produk Kerajinan Lampung Timur di Jerman

Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim, hadir waktu itu, turut menawarkan berbagai produk kerajinan khas Kabupaten Lampung Timur kepada para pengunjung di Jerman.

OTENTIK (JERMAN)–Upaya keras Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung Timur, dalam mengenalkan dan memasarkan produk hasil kerajinan khas masyarakat Kabupaten Lampung Timur mulai menunjukkan titik yang menggembirakan saat diikutsertakannya berbagai produk hasil kerajinan pada ajang Pasar Hamburg 2017, Jerman, September 2017 ini.

Dipilihnya Syal Tapis buah tangan masyarakat Kabupaten Lampung Timur sebagai Brand Ambasador Market Tourism antara Kota Elbtalaue di Jerman Utara yang diwakili langsung oleh Bupati Elbtalaue, Mr. Meyer dengan Kabupaten Lampung Timur yang diwakili oleh Mr. Muller Manulu dari Ikatan Ahli Sarjana Indonesia Jerman menjadi penanda awal dimulainya penjajakan kerjasama.

Pasar Hamburg 2017 yang saat ini dilaksanakan di Messehalle Hamburg, Jerman adalah gelaran tahun kelima kalinya dan telah menjadi simbol eksistensi Indonesia di Eropa khusus di Jerman.

Pasar Hamburg 2017 sendiri merupakan buah karya dari gagasan bersama Diaspora Indonesia warga Indo dan Jerman yang terdiri dari unsur swadaya masyarakat berbagai suku, agama dan golongan semua warga Hamburg yang masih mencintai Indonesia.

Berbagai produk kerajinan khas Kabupaten Lampung Timur yang dipamerkan pada Pasar Hamburg 2017 antara lain kain tapis, kopiah tapis, tas tapis, selendang tapis, sulam usus. Selain itu ada juga kerajinan dari bambu seperti radio bambu, tas bambu, lampu bambu, tempat tisu bambu. Dan kerajinan dari lidi berupa piring, tempat buah, tempat tisu serta masih di tambah lagi kerajinan yang berasal dari batok bekas kelapa yang diubah menjadi aksesoris kalung dan gantungan kunci.

Dikatakan oleh Mr. Muller bahwa, “ini adalah baru tahap awal perkenalan produk Kabupaten Lampung Timur, masih berupa penjajakan kemungkinan kerjasama. Dan untuk melangkah lebih lanjut ke tahap kerjasama yang sesungguhnya, masih ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan lagi,” terangnya.

“Namun demikian pada saat itu dapat tercermin atusiasme yang tinggi dari warga Jerman akan produk kerajinan khas asal Kabupaten Lampung Timur,” tambah salah satu pencetus Pasar Hamburg itu.

Pada saat gelaran Pasar Hamburg 2017, tak ketinggalan Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim yang berkesempatan hadir waktu itu turut pula menawarkan berbagai produk kerajinan khas Kabupaten Lampung Timur kepada para pengunjung di Jerman.                       

Mr. Meyer Bupati Elbtalaue dengan Ibu Perwakilan Camat Hamburg Altona saat sedang melihat lihat stand festival belanja dengan memakai Syal Tapis hadiah dari Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim. (jn/red)


 


Comments