Ekonomi

Pemprov Lampung Mematangkan Persiapan Pemutihan Pajak

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri memberi pengarahan saat memimpin rapat koordinasi pembahasan keringanan pembayaran hutang PKB dan BBNKB di ruang rapat Wakil Gubernur, Rabu (20/9/2017).

OTENTIK (BANDARLAMPUNG)– Pemerintah Provinsi Lampung tengah mematangkan persiapan pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) roda dua dan roda empat.
"Saat ini kami tengah berkoordinasi dengan Polda Lampung dan PT Jasa Raharja Cabang Lampung," kata Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, di Bandarlampung, Rabu (20/9/2017).
Ia menyebutkan, dalam pelaksanaan pemutihan dibutuhkan kesiapan yang matang, baik dari pihak Badan Pendapatan Daerah, Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung dan PT Jasa Raharja.
Menurutnya, apabila semuanya telah siap memungkinkan dan semua pemnagku kepentingan telah sepakat maka September ini pemutihan dapat dilaksanakan.
Wagub Bachtiar juga menerangkan dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan pemutihan 2017, Samsat induk yang akan melakukan pelayanan tengah mempersiapkan materi, kelengkapan, dan sumber daya manusia dari setiap pemangku kepentingan yang terlibat.
"Jika semua siap, pelaksanaan pemutihan akan diluncurkan oleh Gubernur Lampung bersama Kapolda dan PT Jasa Raharja," jelas Wagub.
Ia berharap pelaksanaan pemutihan ini mampu berjalan dengan tertib serta tidak menjadi alasan dalam melegalkan kendaraan yang tidak legal.
"Pemutihan ini juga diharapkan menghindarkan motor yang tidak legal menjadi legal. Untuk itu, krisis center perlu dipersiapkan dengan matang," ujarnya.
Asisten Ditlantas Polda Lampung Kompol, Leo Dedi, menyampaikan persiapan pemutihan juga terkait perbaikan sistem keamanan.
"Kita juga harus mempersiapkan langkah preventif untuk mencegah potensi kejahatan yang mungkin timbul saat pelaksaan pemutihan, atau kemungkinan kecurangan oleh oknum tertentu yang berpotensi merugikan negara maupun masyarakat. Selain itu, perlu juga mempersiapkan space untuk pemeriksaan," ungkap Leo. (jn/ida)


Comments