Pariwisata

Pemimpin di Lamtim Tidak Pernah Putus Asa Mempromosikan Budaya Lampung Timur

Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim turut menari pada pagelaran Festival Tari Melinting di Lapangan Merdeka Kecamatan Melinting, Sabtu (23/9/2017).

OTENTIK (LAMTIM)–Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim pada pagelaran Festival Tari Melinting di Lapangan Merdeka Kecamatan Melinting, Sabtu (23/9/2017), mengatakan, bahwa sebagai pemimpin di Lampung Timur tidak henti-hentinya dan tidak pernah putus asa dalam hal mempromosikan budaya Lampung Timur.

“Tari Melinting sudah sampai ke Eropa (Jerman) dan sudah kemana-mana, karena kita serius mempromosikan dan mempertahankan budayaan di Lampung Timur ini,” ungkap perempuan yang akrab disapa dengan Mbak Nunik itu.

“Kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi kita melestarikan adat budaya kita,” jelas bupati.

Festival Tari Melinting yang merupakan salah satu rangkaian dari agenda Kalender Wisata Kabupaten Lampung Timur Tahun 2017 selain dimeriahkan dengan Lomba Tari Melinting yang diikuti oleh peserta dari seluruh kecamatan se Kabupaten Lampung Timur juga menerjunkan kurang lebih sepuluh ribu penari untuk melakukan Tari Cetik Kipas Melinting (Tari Melinting) secara bersama sama.

Bupati Lampung Timur juga menyampaikan, “Tari  Melinting adalah budaya lokal yang harus kita pertahankan dari generasi ke generasi jangan sampai hanya menjadi cerita diatas buku yang usang bahwa dulu pernah ada Tari Melinting. Maka, untuk tidak hanya menjadi cerita kita harus lestarikan,” papar Chusnunia dihadapan para peserta yang hadir pada Festival Tari Melinting.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera mengatakan, Festival Tari Melinting ini merupakan bagian dari program kerja ibu bupati dalam rangka meningkatkan pariwisata sekaligus melestarikan adat budaya.

“Dan nilai yang dapat kita ambil adalah bahwa beliau memiliki komitmen yang kuat  terhadap pelestarian adat budaya khususnya dalam bidang kesenian,” ujarnya.

“Saya juga merasa bangga karena Tari Melinting ini sudah ditampilkan di Eropa khususnya Hamburg, Jerman dan cukup mendapatkan antusiasme yang tinggi dari Pemerintah Jerman sendiri pada waktu itu,” ungkap Syahrudin.

Dalam gelaran Festival Tari Melinting Chusnunia  didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Pabung Komando Distrik Militer 0411/LT, Mayor Joko Subroto, Sultan Keratuan Melinting, Rizal Ismail, kepala dinas ppdalduk Farida Norma melakukan Tari Cetik Kipas Melinting dengan diikuti oleh kurang lebih sepuluh ribu penari yang terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA, kelompok dasa wisma, tim penggerak PKK, Penyimbang Adat Tokoh Melinting dan unsur jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur. (jn/red)


 


Comments