Ekonomi

Bupati Chusnunia Canangkan Gerakkan Tanam Kedelai

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim memberikan bantuan pada acara Pencanangan Gerakan Tanam Perdana Kedelai di Kabupaten Lampung Timur 2017 di Arga Gapoktan Uray Jaya, Desa Pematang Tahalo, Kecamatan Jabung, kabupaten setempat, Jumat (13/10/2017).

OTENTIK (LAMTIM)–Berupaya mempertahankan swasembada pangan secara berkelanjutan, diversifikasi dan peningkatan kualitas produk pertanian serta kesejahteraan petani, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim canangkan gerakkan tanam kedelai di Arga Gapoktan Uray Jaya, Desa Pematang Tahalo, Kecamatan Jabung, kabupaten setempat, Jumat (13/10/2017).

Bupati Chusnunia mengatakan, Pencanangan Gerakan Tanam Perdana Kedelai di Kabupaten Lampung Timur 2017, akan menargetkan lahan siap tanam kedelai sebanyak 12.000 Ha.

"Jadi lahan itu kita bagi di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Timur, dan sebagian petani di beberapa kecamatan sudah ada yang mulai menanam kedelai, yang sebelumnya bertanam singkong, padi, dan jagung,” terang Bupati Lampung Timur yang akrab disapa Mbak Nunik.

Bupati juga menjelaskan, bahwa Kabupaten Lampung Timur adalah daerah pertanian yang mempunyai potensi lahan seluas 213.384 Ha, yang terdiri dari lahan sawah seluas 60.518 Ha dan lahan kering seluas 152.866 Ha, dengan jumlah kelompoktani sebanyak 5.645 kelompok tani.

"Dengan potensi tersebut Kabupaten Lampung Timur merupakan salah satu kabupaten yang mempunyai kontribusi besar dalam produksi bahan pangan pokok masyarakat terutama padi, jagung, dan kedelai di Provinsi Lampung. Komoditas padi dan jagung Kabupaten Lampung Timur pada saat ini telah mencapai swasembada, sedangkan kedelai harus terus dipacu peningkatan produksinya sehingga dapat mencapai swasembada kedelai pada tahun 2018," ungkapnya

Bupati chusnunia memberikan masukan kepada petani singkong yang dalam setahun terakhir mengalami kerugian dapat beralih tanam.

"Bagi para petani singkong di Kabupaten Lampung Timur yang saat ini masih mengalami kerugian dapat menyiasatinya dengan beralih menanam padi," jelasnya. 
Diketahui bahwa pada tahun 2017 Kabupaten Lampung Timur juga mendapat bantuan langsung dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia berupa Alat Mesin Pertanian berupa hand tractor 30 unit, Tractor Roda Empat 1 Unit, Pompa Air 19 Unit, Rice Transplanter 6 Unit, serta Combine Harvest Besar 4 unit untuk para kelompok tani.

Tampak hadir dalam acara Pencanangan Gerakan Tanam Perdana Kedelai di Kabupaten Lampung Timur, Kasubbid Aneka Kacang Direktorat Jendral Tanam Pangan Kementerian Pertanian, Edi Sukardi Wijaya, Komandan Kodim 0411/LT, Letkol Infanteri Jajang Kurniawan, dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Lampung Timur, M. Yusuf HR, KPD Pertanian dan Pangan Kab. Lamtim, Penyuluh Pertanian Lapangan Kab. Lamtim, serta kelompok tani/gapoktan se-Kecamatan Jabung. (jn/red)


Comments