Pembangunan

Bupati Tuba Tandatangani Komitmen Penempatan Tim Nusantara Sehat

Bupati Tulang Bawang Ir. Hanan. A. Rozak, M. SI didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr. Herry Novrizal menghadiri acara penandatanganan Nota Kesepahaman antara Menteri Kesehatan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota tentang Komitmen Penempatan Tim Nusantara Sehat Angkatan Kedua Tahun 2017 yang dilaksanakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu (23/8/2017).

OTENTIK (TUBA)–Bupati Tulang Bawang Ir. Hanan. A. Rozak, M. SI menghadiri acara penandatanganan Nota Kesepahaman antara Menteri Kesehatan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota tentang Komitmen Penempatan Tim Nusantara Sehat Angkatan Kedua Tahun 2017 yang dilaksanakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Acara yang digelar oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini juga dihadiri oleh Bupati Way Kanan, selain 32 Bupati/ Walikota Se-Indonesia lainnya. Bupati Tuba didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr. Herry Novrizal.

Dalam sambutannya Bupati Tulang Bawang menyampaikan apresiasi yang tinggi terhapap program pemerintah pusat ini, karena menurut Bupati mengingat luas wilayah yang cukup luas di Kabupaten Tulang Bawang maka dengan adanya program ini sangat membantu kinerja Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang dalam hal bidang kesehatan.

Sementara itu fokus kebijakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk Periode 2015-2019 salah satunya adalah penguatan pelayanan kesehatan primer. Penguatan Primer mencakup 3 (tiga) hal yaitu fisik (pembenahan infrastruktur), sarana (pembenahan fasilitas), dan sumber daya manusia (penguatan tenaga kesehatan).

Untuk mewujudkan fokus kebijakan tersebut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menjalankan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Berbasis Tim (Team Based) dalam mendukung Nusantara Sehat. Program tersebuut merupakan pendayagunaan secara khusus tenaga kesehatan berbasis tim dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah dan jenis tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan di daerah terpencil/ sangat terpencil (T/ST).

Dalam rangka mendukung Tim Nusantara Sehat di Puskesmas Lokasi Penempatan Kementerian Kesehatan melaksanakan Acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Kementerian Kesehatan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota tentang Komitmen Penempatan Tim Nusantara Sehat. (jn/red)


Comments