Pembangunan

Bupati Chusnunia Terpilih Jadi Figur Penelitian LIPI

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dan Esty Ekawati, M.I.P., salah satu perwakilan dari Tim Kajian Gender dan Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) saat beraudiensi di ruang kerja bupati, Jumat (22/9/2017).

OTENTIK (LAMTIM)–Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, terpilih menjadi salah satu figur penelitian dari Tim Kajian Gender dan Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Hal itu diungkapkan oleh Esty Ekawati, M.I.P., salah satu perwakilan dari tim kajian usai beraudiensi di ruang kerja bupati, Jumat (22/9/2017).

Tim Kajian Gender dan Politik LIPI sendiri salah satu tugasnya adalah berupaya meneliti kepemimpian seorang politisi perempuan, guna menemukan suatu model strategi yang digunakan politisi dimaksud, mulai dari saat maju dalam pencalonan menjadi kepala daerah yang disesuaikan dengan kontek suatu daerah di mana sang politisi mencalonkan diri.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Esty Ekawati, terpilihnya Bupati Chusnunia sebagai salah satu figur penelitiannya adalah lebih cenderung kepada kontek modal sosial.

“Untuk Ibu Chusnunia sejauh ini menurut kami berdasarkan pada kontek modal sosial, karena beliau mampu mengolah jaringan jaringan yang ada di daerah, begitu juga dengan jaringannya dipusat,” terangnya.

“Selain itu menurut kami Ibu Chusnunia mampu mengeluarkan modal individunya secara baik, dengan tingkat pendidikannya juga baik, dengan latar belakang karir politiknya yang baik, serta berasal dari keluarga kalangan kiyai. Jadi itulah kontek modal sosial yang dimilikinya,” jelas anggota Tim Kajian Gender dan Politik dari LIPI tersebut.

Diketahui pula beberapa kepala daerah perempuan yang saat ini juga dijadikan figur penelitian yang akan dicetak dalam suatu buku dan akan dijadikan model dari pola kepemimpinan diantaranya adalah Bupati Grobogan Jawa Tengah, Sri Sumarni, Bupati Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti, dan Walikota Tangerang Selatan, dan Airin Rachmi Diany. (jn/red)


Comments