Berita Hangat

Polres Tulangbawang Bentuk Zona Bebas Narkoba

Penandatanganan fakta integritas zona bebas narkoba di Kantor Kelurahan Ujunggunung, Kecamatan Menggala Kabupaten Tulangbawang, Kamis (19/10/2017).

OTENTIK (TUBA)–Kepolisian Resort (Polres) Tulangbawang membentuk zona bebas narkoba di wilayah Kecamatan Menggala. Deklarasi tersebut, diharapkan mampu memutus mata rantai penyalahgunaan peredaran narkoba di wilayah setempat, Kamis (19/10/2017).

"Daya rusak narkoba sangat serius. Karena itu, tidak ada pilihan bagi kita selain menyatakan perang terhadap narkoba," kata Kapolres Tulangbawang AKBP Raswanto Hadiwibowo saat memberikan sambutan acara deklarasi pembentukan zona bebas narkoba dan penandatangan fakta integritas di Kantor Kelurahan Ujunggunung, Kecamatan Menggala.

Menurutnya, peredaran narkoba saat ini sangat mengkhawatirkan. Karena sudah menyasar berbagai kalangan.

"Peredaran narkoba saat ini, tidak hanya di kota, melainkan telah mencapai wilayah pedesaan. Yang lebih ironis, narkoba tidak hanya menyentuh orang dewasa, melainkan juga para pelajar," terangnya.

Kasat Res Narkoba Polres Tulangbawang, AKP M Donny Novandri Burni mengatakan jika sampai bulan Oktober 2017 pihaknya sudah menangani sebanyak 83 perkara. Mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 62 perkara selama satu tahun.

Donny menjelaskan, dipilihnya Kecamatan Menggala menjadi lokasi deklarasi pembentukan zona bebas narkoba, karena ingin merubah opini publik yang berkembang tentang Menggala.

"Saya ingin Menggala dikenal seperti dulu bukan yang sekarang. Karena dahulu ketika orang menyebutkan Menggala, yang ada didalam pemikiran pasti Delannya (terasi)," ujarnya.

Sementara Tokoh Masyarakat Kecamatan Menggala, Yusman Nadi Tamin menyambut baik deklarasi tersebut. Ia berharap kepada aparat kepolisian dapat menindak tegas pelaku.

"Saya minta agar yang ditangkap itu bandarnya. Dan kalau sudah ditangkap tolong diusut dari mana asal muasal barangnya. Jangan pemakainya terus yang di tangkap," tambahnya.

Kegiatan yang dihadiri langsung Kapolres Tulangbawang (Tuba) AKBP Raswanto Hadiwibowo, Kasat Res Narkoba Polres Tuba AKP M. Donny Novandri Burni, Kapolsek Menggala AKP I Nyoman Cenik, Camat Menggala Sudirman, Danramil Menggala, Kodim 0426/Tuba Kapten Inf Puryanto, Kepala Kampung/Lurah se Kecamatan Menggala, tokoh agama, tokoh adat, serta tokoh masyarakat. (jn/red)


Comments