Pembangunan

Wali Kota Pairin Akan Tambah Kendaraan Pengangkut Sampah

OTENTIK (METRO)–Pemerintah Kota (Pemkot) Metro akan segera menambah unit bentor untuk layanan pengambilan sampah di setiap kelurahan. Bentor ini akan dipergunakan untuk mengambil sampah di gang-gang yang tidak bisa terjangkau oleh mobil.

Menurut Wali Kota Metro Achmad Pairin mengungkapkan, target pemkot Metro yaitu satu kelurahan memiliki satu unit bentor untuk di pergunakan mengangkut sampah.  Dimana saat ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) baru memiliki 13 unit.

“DLH kemarin sudah menghadap ke saya langsung.  Mereka sudah memprogramkan untuk penanganan sampah. Ya salah satunya, penambahan bentor. Kita masih kurang 9 unit, karena target kita satu kelurahan satu bentor. Dan kita sudah anggarkan,kedepan nanti kita tambah bentornya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, nantinya pengelolaan bentor tersebut, termasuk rute yang akan dilayani akan diserahkan ke pihak kelurahan. “Nanti nya pihak kelurahan lah yang akan menentukan mana-mana rute yang akan dilayani,” terangnya.

Terpisah, Kepala DLH Eka Irianta menjelaskan,untuk layanan pengambilan sampah di DLH masih belum menjangkau semua wilayah. Untuk itu tahun 2018 ini akan ada penambahan bentor dan satu mobil truck untuk memperluas layanan pengambilan sampah yang ada di Kota Metro.

“Jika memakai mobil besar pastinya untuk di gang-gang sempit tidak bisa dijangkau. Untuk itu kita programkan satu kelurahan satu unit bentor. Kemudian juga nanti akan ada penambahan mobil truck untuk memperluas layanan pengambilan sampah itu,” jelasnya.

Lebih lanjut Eka mengungkapkan, masyarakat sering kali membuang sampah di Jalan Jenderal Sudirman setelah mobil pengambilan sampah sudah lewat. Karenanya, masih sering ditemukan sampah menumpuk di pinggir jalan tersebut.

“Petugas tidak mungkin balik lagi kesana. Karena masih ada daerah lain yang belum diambil sampahnya. Karena memang kita kekurangan armada,” tutupnya. (mad)


 


Comments