Berita Hangat

Catat!, Pemkab Pesawaran Gelar PIN Polio Serentak Senin Pekan Depan

OTENTIK ( Pesawaran ) -- Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kabupaten Pesawaran secara serentak mulai hari Senin, tanggal 23 Juli 2024. 


Hal itu ditegaskan Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Wildan saat membuka Advokasi Sosialisasi Dan Koordinasi Lintas Sektor Pelaksanaan PIN Polio Di Kabupaten Pesawaran Tahun 2024 di Hotel Kryad Bandar Lamoung, Selasa (16/7/24). 


Wildan menjelaskan PIN Polio akan dilaksanakan di Posyandu, TK, PAUD, SD/MI, dengan sasaran anak usia 0-7 tahun dan diberikan sebanyak 2 kali pada bulan Juli dan Agustus. 


"Imunisasi polio bisa didapatkan secara gratis di Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Posyandu, Satuan Pendidikan (PAUD, TK, SD/sederajat) dan Pos Imunisasi lainnya di bawah koordinasi Puskesmas," terangnya. 


Ia melanjutkan, pemberian imunisasi Polio di Indonesia dilaksanakan secara serentak dimulai pada tanggal tgl 23 Juli s/d 29 Juli 2024 dan 6 Agustus s/d 12 Agustus 2024 di Seluruh  kabupaten/kota. 


Imunisasi polio menjadi ikhtiar pemerintah untuk menyelamatkan Generasi Emas Indonesia dari virus Polio yang sangat berbahaya, karena dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen, bahkan sampai pada kematian. 


Dirinya berharap seluruh stake holder bergandeng tangan agar di Kabupaten Pesawaran jangan sampai ada anak yang tidak mendapatkan imunisasi Polio. 


"Oleh karenanya, kepada Para perwakilan Organisasi Keagamaan dan Tokoh Agama, khusus saya meminta kiranya dapat menyampaikan informasi Imunisasi POLIO ini secara masif, sehingga masyarakat yang menolak untuk diimunisasi bisa diperkecil jumlahnya tahun ini," ujarnya. 


Selain itu sambung Sekda Wildan, sosialisasi masif dapat dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan platform lain yang sekarang mudah diakses oleh masyarakat umum yang dapat digunakan untuk menyosialisasikan PIN Polio. 


Selain media sosial, diseminasi tentang PIN Polio juga dapat dilakukan secara langsung melalui pertemuan-pertemuan seperti pertemuan RT, Desa dan Kecamatan. Kepala Desa mengumpulkan para Ketua RT dan Camat mengumpulkan Kades untuk mensosialisasikan PIN Polio. 


Ia juga berharap agar memberikan dukungan dalam pergerakkan masyarakat agar mau datang ke pos-pos pelayanan dengan membawa anaknya sesuai dengan jadwal dan pos pelayanan yang telah ditetapkan dan tidak ragu ataupun takut untuk membawa anaknya untuk mendapatkan imunisasi.


Dengan kerjasama dan dukungan semua pihak, diharapkan kegiatan PIN Polio ini berjalan dengan baik dan mencapai target minimal 95% dan anak-anak di Kabupaten Pesawaran akan terhindar dari Penyakit Polio dan Kelumpuhan.(*)

Comments