Pembangunan

Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung Ikuti LKP

Kwartir Cabang Pramuka kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, mengikuti kegiatan Latihan Kepemimpinan Pramuka (LKP), di Hotel Arinas, Bandarlampung, Rabu-Kamis (27-28/9/2017).

OTENTIK (BANDARLAMPUNG)–100 anggota pramuka pandega dan penegak dari Kwartir Cabang Pramuka kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, mengikuti kegiatan Latihan Kepemimpinan Pramuka (LKP), di Hotel Arinas, Bandarlampung, selama dua hari yaitu Rabu-Kamis (27-28/9/2017).

Kegiatan yang setiap tahunnya digelar melalui dana APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) ini, diharapkan kepada seluruh pandega dan penegak, bisa secara dinamika mengembangkan karakter kepemimpinan dan berorganisasi secara baik dan benar.

Wakil Ketua I Bina Muda Kwarda Lampung, Catur Agus, menjelaskan, LKP adalah latihan dasar yang harus diikuti oleh seluruh pandega dan penegak. Pasalnya, Kwarda Daerah sendiri telah mengundang 9 pemateri dari unsur Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) dan Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga).

“Enam pemateri dari Dispora dan 2 dari Kemenpora. Beberapa poin yang akan dijelaskan seperti tentang pola pembinaan penegak dan pandega, manajemen kepemimpinan, manajemen resiko, manajemen SDA, diskusi dan pemecahan masalah, hingga tentang pembinaan pramuka itu sendiri,” papar Catur, Rabu (27/9).

Selain daripada itu, sambung Catur, di tahun-tahun berikutnya, Kwarda Pramuka Lampung, juga berusaha mengadakan LPK terkait kewirausahaan hingga kursus instruktur muda. “Artinya kalau pandega dan penegakbisa ikut lagi maka akan lebih baik,” tukasnya.

Pihaknya juga mengingatkan, bahwa dua orang perwakilan putra dan putri dari Provinsi Lampung sudah mengikuti Kirab Pemuda di Miangas dan Pulau Rote. Dan untuk di Lampung, Kirab Pemuda akan digelar mulai tanggal 16-19 November 2017 mendatang di Panaragan, Tulangbawang Barat.

“Dan nanti, di bulan Oktober, kami juga akan menggelar Kemah Dewan Kerja, di Kwarda Lampung. Diperkirakan, acara ini akan diikuti 550 orang peserta,” terang Catur.

Untuk diketahui, acara LKP ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga, Rianti Yuniarti, yang mewakil Kepala Dispora. Seluruh kwartir cabang pun terlihat antusias mengikuti rangkaian acara latihan kepemimpinan. (jn/ida)


Comments