Hukum

Irjen Pol Suntana Resmi Menjabat Sebagai Kapolda Lampung

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian saat menyemati tanda jabatan kepada Irjen Pol Suntana yang resmi menjabat sebagai Kapolda Lampung di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

OTENTIK (JAKARTA)–Irjen Pol Suntana resmi menjabat sebagai Kapolda Lampung usai acara serah terima jabatan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Acara tersebut dipimpin Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Irjen Pol Suntana menjadi Kapolda Lampung menggantikan Irjen Suroso Hadi.

Selain itu, Irjen Pol Raja Erizman juga dilantik sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur menggantikan Irjen Pol Agung Sabar Santoso.

Jabatan Erizman sebagai Kepala Divisi Hukum Polri diserahkan kepada Irjen Agung Sabar Santoso.

Jabatan kapolda lainnya yang menjalani sertijab adalah Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto menjadi Kapolda Kaltim menggantikan Irjen Pol Safarudin yang dimutasikan menjadi Pati Baintelkam Polri.

Sementara jabatan Kapolda Jambi diserahkan kepada Brigjen Pol Muchlis AS.

Sementara jabatan Dankorbrimob Irjen Pol Murad Ismail diserahkan kepada Brigjen Pol Rudy Sufahriadi yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulteng.

Posisi yang ditinggalkan Rudy Sufahriadi ditempati Brigjen Pol I Ketut Argawa.

Di antara para jenderal yang ikut sertijab hari ini, terdapat dua jenderal yang akan ikut kontestasi Pilkada 2018 yakni Irjen Safaruddin dan Irjen Murad Ismail.

Safaruddin diusung oleh PDI-P dan Partai Hanura sebagai bakal calon Wakil Gubernur Kaltim mendampingi Sekda Kaltim Rusmadi Wongso yang ditunjuk sebagai bakal cagub Kaltim.

Sementara Murad Ismail bersama Barnabas Orno diusung koalisi PDIP-PKB-Nasdem sebagai bakal cagub-cawagub Maluku.

Sementara itu, Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana mengungkapkan, bahwa keamanan Pilkada di Lampung menjadi salah satu prioritasnya dalam memimpin Kepolisian Daerah Lampung.

Ia menggantikan Irjen Pol Hadi Siswoyo yang akan menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Meski Suntana menilai situasi keamanan di Lampung saat ini sudah kondusif, namun bukan berarti tugasnya ringan.

Ia sendiri akan menjamin keamanan dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah di Lampung tetap kondusif.

"Lampung sudah kondusif. Tetapi kita akan menjamin kondusif ini dalam rangka Pilkada juga," jelas Suntana usai pelantikan di gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2018).

Menurutnya, kepolisian daerah Lampung pasti telah memetakan potensi kerawanan di daerahnya.

Untuk itu pihaknya akan melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap hal-hal terkait keamanan dan ketertiban yang tidak diinginkan.

"Setiap wilayah punya potensi kerawanan masing-masing. Setiap potensi kerawanan saya sangat yakin sudah terdeteksi oleh kita. Dan berdasarkan itu, polisi akan melakukan langkah-langkah untuk menjamin kebutuhan rasa aman," jelas Suntana.

"Kan sudah dilakukan pola-pola pemetaan kerawanan yang mungkin timbul dalam setiap tahapan. Polisi akan hadir dalam setiap upaya preventif untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Kita akan lakukan itu untuk jamin kepastiannya berjalan Pilkada," ungkapnya.

Namun menurut Suntana yang paling penting adalah dukungan dari masyarakat. Baik itu dari tokoh masyarakat, maupun dari tokoh pemuda setempat.

"Tapi yang paling penting sekali lagi mohon bantuan dukungan dari masyarakat. Khususnya tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang ada di sana," kata Suntana.

Ia juga mengungkapkan bahwa dalam proses serah terima jabatan di lingkungan kepolisian, upaya koordinasi merupakan sesuatu yang lumrah terjadi.

Hal itu dilakukan dengan cara bertanya kepada pejabat sebelumnya untuk mengetahui apa yang masih belum diselesaikan, apa yang sudah bagus, dan apa yang perlu ditingkatkan.

"Dalam proses serah terima itu biasa. Jadi setiap tahapan setiap tingkatan, kita akan tanya kepada pejabat yang lama, apa yang masih jadi tunggakan. Mana yang perlu, mana yang sudah bagus. Mana yang perlu ditingkatkan. Itu proses biasa, proses administrasi," kata Suntana.

Atas jabatan barunya, ia merasa bersyukur kepada Tuhan karena telah diberikan amanah.

Ia pun berjanji akan melakukan tugas sebaik-baiknya untuk memberikan rasa aman.

"Yang jelas sebagai umat manusia bersyukur ya. Bersyukur kepada Allah diberikan amanah dengan janji akan melaksanakan tugas yang baik untuk memberikan rasa aman," terang Suntana. (sam/ida)

Comments