Pembangunan

Bupati Chusnunia Panen Perdana Budi Daya Ikan Lele di Lampung Timur

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim didampingi Dandim 0411/LT Letkol CZI Burhanudin, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Tohir Hanafi, Wakil Kepala Polsek Bumi Agung Ipda Hariyanto, saat melakukan panen perdana budi daya ikan lele di Desa Donomulyo, Kecamatan Bumiagung, Lamtim, Senin (22/1/2018).

OTENTIK (LAMTIM)–Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengunjungi pengurus kelompok budi daya ikan lele Agra Mina Lestari, sekaligus melakukan panen perdana di Desa Donomulyo, Kecamatan Bumiagung, Lamtim, Senin (22/1/2018).
Panen lele dilakukan Bupati Chusnunia didampingi Dandim 0411/LT Letkol CZI Burhanudin, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Tohir Hanafi, Wakil Kepala Polsek Bumi Agung Ipda Hariyanto, Plt.Camat Bumi Agung, Edy Gunarto Ketua Kelompok Budi daya Ikan Dwi Winarto beserta seluruh anggota pengurus kelompok Agra Mina Lestari
Bupati mengatakan, dirinya bersyukur hari ini panen bersama dengan kelompok petani ikan dan diharapkan daerah-daerah lain seperti Bumiagung, Pekalongan, Batang Hari, Sekampung, Purbolinggo, Sukadana dan sekitarnya bisa menjadi kawasan pusatnya budi daya ikan tawar. 
“Dan kita dari tahun ke tahun memang sudah mengalokasikan disamping juga ada program dari kementerian kita juga akan terus mengalokasikan, untuk berdampingan dengan petani ikan di kecamatan-kecamatan yang memang daerahnya cocok untuk budi daya ikan,” ungkap Chusnunia.
Kelompok Budidaya Ikan Agra Mina Lestari sendiri terbentuk pada Desember 2016 dengan jumlah 25 anggota, namun baru memulai budi daya ikan lele tersebut sejak November 2017 lalu. 
Menurut Ketua Kelompok Budidaya Ikan Agra Mina Lestari, Dwi Winarto, budi daya ikan lele ini merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pusat yang di fasilitasi oleh Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Lampung Timur. 
“Berkat adanya Bantuan Pengembangan Wirausaha Perikanan, Kelompok Agra Mina Lestari mulai mengembangkan budidaya Lele 2 bulan lalu dengan menebar 40.000 ekor bibit Lele,” tuturnya.

Dwi Winarto berharap pada panen kali ini dapat mencapai target yang diharapkan yakni 3 ton 3 kwintal. (ynt/ded)


Comments