Berita Hangat

Pemkab Gelar Festival Kopi 21-23 Juli 2018 di KRL

OTENTIK (LAMBAR)–Pemerintah Kabupaten Lambar melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Lampung Barat menggelar rapat terkait Festival Kopi yang akan dilaksanakan pada 21-23 Juli 2018 mendatang. Rapat dilaksanakan di Pekon Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam, Senin (16/4/2018).

Rapat dihadiri oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin, Pj. Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir SH., Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Lambar Tri Umaryani dan para peserta serta undangan.

Dalam paparannya Tri Umaryani selaku Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Barat, menyampaikan, hari ini kita Rapat terkait persiapan Festival Kopi yang akan di selenggarakan pada tanggal 21-23 Juli 2018 mendatang. Dengan harapan, acara itu dapat menjadi instrumen dalam mencetak pelaku dan penggiat kopi yang berhasil memuliakan komuditas kopi dan elemen pendukungnya.

“Lampung Barat itu surganya para penikmat kopi. Pemukiman elok dengan ribuan hektare kebun kopi yang menghasilkan puluhan ribu ton ‘Fine Robusta’. Kami berharap, acara ini juga berkontribusi terhadap peningkatan kemampuan, pengetahuan, dan meluaskan jejaring bisnis para pelakunya,” katanya.

Selanjutnya rapat yang digelar di anjungan Pekon Rigis Jaya ini adalah merupakan kegiatan yang di bangun berdasarkan anggaran CSR PLN dimana ada tiga kegiatan yaitu pembangunan anjungan kopi, gapura, dan coffie boon. Namun ada beberapa item kegiatan untuk di anjungan yang memang belum di selesaikan namun beriringnya waktu mudah-mudahan pada saat festival nanti akan selesai dan siap.

Selanjutnya festival ini sangat bermanfaat yaitu menjadi wadah dan ajang promosi wisata dan produk unggulan lokal berbasis pemberdayaan rakyat. Juga menjadi tempat belajar, berproduksi, dan berjejaring bagi pelaku ekonomi kreatif yang kelak menjadi mitra strategis mewujudkan Lampung Barat hebat. “Panitia akan menggandeng semua pihak untuk menyukseskan acara ini,” kata dia.

Kemudian untuk diketahui bahwa kampung kopi telah ditetapkan berdasarkan keputusan Bupati Lambar Tanggal 28 Desember Pekon Rigis Jaya telah ditetapkan sebagai kampung kopi dimana kita telah menetapkan tim koordinasi kampung kopi adalah SKPD, Dinas PU, Dinas Pariwisata serta SKPD lainnya dan tentunya mudah-mudahan telah melihat dan membaca terkait tim koordinasi kampung kopi apa yang akan di sumbangkan dalam rangka pengembangan kampung kopi ini.

Lokasi ini akan dibangun di beberapa pembangunan pendukung, dimana salah satu upaya untuk mendorong dan mengangkat kopi dimana pada tahun ini akan di bangun bangunan rumah produksi KWT, beberapa bangunan seperti pengering untuk mendukung kampung kopi.

"Festival ini telah disusun oleh panitia penyelenggara dimana ketuanya adalah Pj. Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir, dan juga di SK mencantumkan nama dinas selaku panitia dengan pertimbangan dinas pelaksana akan memberikan masukan untuk penyempurnaan festival kopi," paparnya. 

Terakhir tentang kesiapan festival pada 21-23 Juli mendatang akan dilaksanakan beberapa konten yaitu seminar, seremoni dan bazar kopi yang akan di laksanakan di Kebun Raya Liwa (KRL) dan puncak acara adalah panen raya kopi, yang nanti pada puncak acara ini jika memungkin akan menghadirkan pejabat penting seperti menteri, presiden maupun pejabat penting lainnya di Kampung Rigis Jaya. (pho/ptr)


Comments