Berita Hangat

Gebyar Prestasi dan Kreatifitas Hebat Lampung Barat

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus memukul gong tanda dibukanya Gebyar Prestasi dan Kreatifitas Hebat Kabupaten Lampung Barat di GOR Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat, Selasa (17/4/2018).

OTENTIK (LAMBAR)–Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lambar menggelar Gebyar Prestasi dan Kreatifitas Hebat Kabupaten Lampung Barat di GOR Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat, Selasa (17/4/2018), yang dihadiri oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus sekaligus membuka secara resmi.

Dalam acara yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Lambar juga dihadiri oleh Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin, Ketua DPRD Lambar Edi Novial S.Kom., Kepala OPD, ketua TP PKK Lambar, Ketua Darma Wanita Persatuan dan Organisasi, kepala sekolah, dewan guru, pelatih, dan peserta lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Lambar Parosil Mabsus menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta O2SN dan FLS2N, dengan harapan ajang olimpiade olahraga dan festival seni siswa nasional akan meningkatkan motivasi jajaran pemerintah, khusunya dunia pendidikan di Lambar untuk lebih semangat lebih giat lagi dalam mengintegrasikan pemikiran dan kegiatan pada lomda olimpiade olahraga dan festival seni ini. Kegiatan O2SN Dan FLS2N dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional.

"Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun, di mana setiap tahun telah tercetak para atlit olahraga dan seni yang memiliki kesempatan untuk mencapai prestasi yang optimal. Dengan tujuan yaitu memfasilitasi dan memotivasi para siswa yang mempunyai bakat di cabang olah raga dan seni sehingga dapat meningkatkan skill dan kemampuan mereka sesuai dengan bidang yang dimiliki," jelasnya.

Para atlit dan peserta festival seni ini merupakan perwakilan dari sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang berasal dari seluruh kabupaten Lambar yang mampu menyisihkan peserta lain maka kalian selanjutnya akan mewakili Lambar ke provinsi bahkan Nasional.

Sementara itu dalam laporannya ketua panitia Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat Bulki Basri, menyampaikan latar belakang dari penguatan pendidikan karakter siswa, kebutuhan dalam bidang seni dan olahraga  dengan tujuan menambah ruang kompetensi siswa untuk meningkatkan prestasi dalam bidang seni dan olahraga. Membina dan meningkatkan kreatifitas siswa mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa yang berwawasan global dan prestasi. Meningkatkan nilai moral dan akhlak mulia sportivitas disiplin mempererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa. 

Acara yang digelar pada Selasa - 17-19 April 2018 di Kawasan Sekuting Terpadu, pencak silat karate di gedung PSHT  Serdang dan renang di Way Sinda.

Selanjutnya deskripsi kegiatan ini adalah kegiatan yang menggabungkan beberapa kegiatan Lomba yang merupakan kalender dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan kegiatan lomba yang berasal dari aspirasi sekolah. Kegiatan Kemendikbud yaitu O2SN FL2N gala siswa yang di laksanakan dari tingkat sekolah kecamatan kabupaten provinsi dan nasional.

Adapun cabang lomba O2SN SD atletik bulu tangkis, senam, renang, dan pencak silat serta karate. O2SN SMP meliputi Atletik renang bulu tangkis karate dan pencak silat. FL2SN SD adalah solo song, lomba tari kreasi pantomim, gambar dan bercerita. Untuk SMP gitar Solo, lomba kreatifitas tari kreatifitas musik tradisional, menyanyi solo dan desain Foster. "Untuk di luar O2SN catur, tenis meja tingkat SMP dan FL2SN MTQ Tingkat SMP serta gala siswa SMP Tingkat Kecamatan," paparnya.

Terakhir peserta lomba ini adalah merupakan perwakilan dari juara 1,2,3 Di tingkat kecamatan untuk jenjang SD, dan untuk jenjang SMP Merupakan perwakilan juara 1,2,3 tingkat subrayon. Hadiah pemenang lomba akan mendapatkan tropi piagam penghargaan mendali dan uang pembinaan.

"Hadiah utama pada piala bergilir Bupati Lambar bagi juara umum masing- masing untuk tingkat SD dan SMP indikatornya adalah semua prestasi yang diperoleh dari kegiatan lomba yang di selenggarakan oleh Disdikbud selama 1 tahun anggaran dengan hasil yang kita harapkan untuk dapat di kirim ke tingkat provinsi sampai ke tingkat nasional untuk O2SN dan FLS2N," tutupnya.

Untuk diketahui siswa berprestasi di tingkat provinsi dan nasional jenjang pendidikan dasar Kabupaten Lambar tahun 2017 adalah juara 1 tingkat Provinsi OSN IPA tingkat SD atas nama Nadia Az-Zahra dari SDN 1 Sukapura. Juara 2 FLS2N SD cabang seni tari dari SD 2 Kembang kecamatan batu Brak tingkat Provinsi,  juara 2 Tingkat Provinsi O2 IPS tingkat SMP dari SMP Negeri Sekuting Terpadu atas nama Syafira Hasna Afifah, juara 2 Tingkat Provinsi Lampung O2SN  Tingkat SMP cabang atletik dari SMPN 2 Liwa diraih oleh Salikin.

Kemudian  juara 2 tingkat Provinsi O2SN Tingkat SMP cabang bulu tangkis dari SMPN 1 Liwa Atas nama Surya ning tiyas Sabda Pratiwi, juara 1 LPSN SMP  tingkat Provinsi diraih oleh Afra Afifah Ahyari dari SMPN 1 Sekuting Terpadu,  Juara 1 LPSN SMP Tingkat Provinsi diraih oleh adinda putra aji dari SMPN Sekuting Terpadu.

Juara 1 Tingkat Provinsi Lampung karya tulis tingkat SMP  di raih oleh Nadia Ayu Adiwijaya dari SMP 3  Liwa. juara I  Tingkat Provinsi Lampung pasa Lomba Pidato Bahasa Lampung Andrian Saputra dari SMPN 1 Sukau, juara II Tingkat Nasional  LPSN SMP atas nama Adinda Putra Aji dan Afra Afifah Ahyari dari SMPN 1 Sekuting Terpadu Serta juara 3 lomba karya tulis tingkat SMP Nadia Ayu Adiwijaya dari SMPN 3 Liwa. (pho/ptr)


Comments