Berita Hangat

Penutupan FSB Ke V sekaligus Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak 2018

OTENTIK (LAMPUNG BARAT) – Penutupan Festival Sekala Bekhak ke V sekaligus Pelaksanaan Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak Tahun 2018, di Lapangan Utama FSB–Lapangan Mardeka Pasar Liwa, Kamis (12/07/2018).

Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak merupakan rangkaian utama dari festival sekala bekhak pada setiap tahunnya, pada perhelatan ini akan bisa kita saksikan keragaman budaya saibatin warisan nenek moyang serta budaya dari etnis lainnya yang hidup berdampingan di bumi sekala bekhak yang disajikan dengan kemasan yang menarik.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya kita untuk menampilkan dan memperkenalkan seni dan budaya Lampung Barat yang memiliki keunikan dan kekhasan yang tidak dimiliki oleh daerah lain, sehingga diharapkan kegiatan ini akan menarik para wisatawan untuk mengunjungi Lampung Barat. 

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat  Lambar untuk menjunjung tinggi dan melestarikan budaya ini, bukan hanya sampai pada penampilan hari ini saja, namun jadikanlah seni budaya, adat tradisi kita dalam perhelatan yang digelar di pekon-pekon, disekolah-sekolah dan pada setiap kesempatan yang ada. karena potensi alam dan budaya lampung barat ini dapat dijadikan objek wisata andalan dimasa kini dan masa yang akan datang.  terlebih lagi jika diramu dan dikemas dengan paket seni budaya Lampung Barat yang beraneka ragam seperti yang kita saksikan pada hari ini,” jelasnya.

Karena betapapun besar dan kaya-nya potensi parwisata yang dimiliki oleh lampung barat, tetapi apabila tidak kita disentuh dan ditangani dengan serius maka tidak akan memberikan kontribusi apa-apa terhadap pembangunan Lambar,  dengan demikian even festival sekala bekhak ke-V ini diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan kelampung barat, karena disamping memamerkan kakayaan budaya Lambar juga diharapkan meningkatkan citra Lambar sebagai daerah kunjungan wisata.

Kemudian karnaval tahun ini mengusung tema yang bagus yaitu “Mahkota Lampung Saibatin”, yang dimaknai sebagai simbol dari keagungan adat milik saibatin dan menjadi kebanggaan (kehangguman) kita bersama. saya ucapkan selamat & sukses atas penyelenggaraan karnaval kemilau budaya bumi sekala bekhak, teruslah berkreasi dan bergerak untuk kemajuan bumi sekala bekhak demi mewujudkan lampung barat yang lebih hebat.

Selanjutnya Lambar akan mengadakan event yang tidak kalah pentingnya yaitu Festival Kopi pada tanggal 21-23 juli 2018 tepatnya di Pekon Gunung Terang Dan Pekon Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam. “ Dengan segala kerendahan hati Menggundang Bapak Gubernur Provinsi Lampung Dalam Hal Ini Bapak Kepala Dinas Pariwisata Dan Seluruh Kesultan Hadir Para Kesempatan ini kiranya berkenan hadir dalam rangka acara pembukaam festival kopi,” pintanya.

Sementara itu dalam Laporannya Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Lampung Barat Indra Kesuma, S.Sos., menyampaikan Festival Sekala Bekhak V Tahun 2018 dimulai rangkaiannya dari tanggal 9 Juli 2018 dan berakhir pada hari ini Kamis 12 Juli 2018, diawali dengan Himpun Adat Saibatin Paksi Pak yang diselenggarakan selama dua hari yaitu tanggal 9 s.d. 10 Juli 2018 bertempat di Gedung Dalom Paksi Buay Belunguh. Selanjutnya pada tanggal 10 Juli dimalam harinya dilaksanakan Lomba seni budaya tradisional Hadra dan Lomba Tari Kreasi Lampung, dan pada hari Rabu kemaren tanggal 11 Juli dimulai dari siang hari s.d. tengah malam dilaksanakan Lomba Nyambai, untuk Lomba nyambai sangat banyak sekali pesertanya sehingga terlaksana sampai tengah malam.

Kemudian Pada kamis kita semua berkumpul bersama di Lapangan Merdeka Pasar Liwa ini untuk bersama-sama mengikuti sebuah gelaran yang merupakan ruh dari Festival Sekala Bekhak yaitu persembahan Karnaval “Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak” yang pada tahun ini mengambil thema “Mahkota Lampung Saibatin”, sebuah perhelatan yang merupakan persembahan kekayaan tradisi dan budaya Bumi Sekala Bekhak dengan keagungan adat Saibatin berupa Siger dan Tungkus yang dikolaborasikan  dengan kebudayaan Sekura, yang hanya bisa disaksikan di Bumi Sekala Bekhak yang kita cintai ini. 

Disamping itu kita akan banyak menyaksikan keragaman budaya dari berbagai suku yang hidup berdampingan di Bumi Sekala Bekhak yang akan ditampilkan dalam karnaval tahun ini. Tercatat peserta karnaval tahun ini sebanyak 15 Tim utusan Kecamatan, 30 tim utusan Sekolah dan sebanyak 14 tim mewakili komunitas seni dan etnis lainnya.

“Kemarin, tepatnya tanggal 10 Juli 2018, kita telah menggelar “Hippun Adat Saibatin Paksi Pak Sekala Bekhak”, adalah merupakan musyawarah agung para Sultan Paksi Pak Sekala Bekhak dalam rangka menghimpun masukan dari para Sultan Paksi Pak Sekala Bekhak, yang mewakili masyarakat adat Kabupaten Lampung Barat untuk ikut menentukan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Lampung Barat tahun mendatang dan serta meng-evaluasi hasil Hippun Adat Saibatin Paksi Pak Sekala Bekhak pada Perhelatan Festival Sekala Bekhak I s.d. IV yang lalu. Ada beberapa poin penting yang dihasilkan pada Hippun Adat Tahun 2018 ini, dan akan menjadi perhatian dan ditindak lanjuti oleh kita bersama sebagai pemegang kebijakan di Kabupaten Lampung Barat yang kita cintai ini”, Ucapnya.

Selanjutnya pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang telah memberikan dukungan dan petunjuk hingga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.  Tidak lupa kami sampaikan ucapan terima kasih kepada para Camat, Para Kepala Satuan Pendidikan, Para Pengurus Sanggar Seni dan Komunitas /Etnis lainnya yang telah mengirimkan peserta untuk mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan oleh Panitia Festival Sekala Bekhak V Tahun 2018. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pendukung acara, saudara-saudara dari Global Futurindo, DEI production, pihak Surya Kencana Motor, Indomaret dan pihak lain yang telah ikut mensukseskan kegiatan Festival Sekala Bekhak V.

Hadir dalam acara tersebut Para Sultan Paksi Pak Sekala Bekhak Kabupaten Lambar atau yang mewakili, Gubernur Provinsi Lampung M.Ridho Ficardo yang di Wakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Drs. Budiharto HN, Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin, Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir, SH., Ketua DPRD Lambar Edi Novial S.Kom. Kepala Dinas Pariwisata  Kabupaten Pesisir Barat Audi Marpi, M.M,,  Forkopimda, Kasdim, Wakapolres,  Asisten Dan Staf Ahli , Kepala OPD Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Lampung Barat, Ketua Dharma Wanita Persatuan Beserta Jajarannya Dan Ketua Gerakan Organisasi Wanita Se- Kabupaten Lampung Barat Dan Camat Se Kabupaten Lambar Serta Undangan Lainnya. (pho/ptr/jml)

Comments