Berita Hangat

Pemprov Minta Pendaftaran Calon Taruna Akademi Angkatan Laut di Lampung

OTENTIK (BANDARLAMPUNG)–Pemerintah Provinsi(Pemprov) Lampung meminta Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) setempat untuk membuka pendaftaran calon taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) di daerah ini.
"Kami berharap Lanal dapat mengadakan tes penerimaan di Lampung. Mengingat, selama ini siswa asal Lampung harus tes di Jakarta atau Palembang," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Lampung, Irwan Sihar Marpaung, di Bandarlampung, Selasa (5/11/2018).
Selain itu, Lanal dapat bersinergitas dengan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung untuk meningkatkan persentase kelulusan siswa pada tes calon taruna AAL
Karena itu, menurutnya, Pemprov Lampung berharap pihak Lanal dapat meningkatkan sosialasi dan koordinasi ke berbagai sekolah di Lampung.
Di sisi lain, kehadiran AAL di Lampung dapat menyosialisasikan kepada siswa SMA untuk bergabung untuk menjadi taruna.
"Kehadiran taruna dengan seragam dan atributnya tentu saja menjadi daya tarik lebih bagi siswa. Terlebih lagi dengan pengalaman dan kemampuan yang didapat saat pendidikan jika disosialisasikan dengan baik akan meningkatkan minat pemuda Lampung untuk bergabung dan mengabdi kepada NKRI," kata Irwan.
Komandan Lanal (Danlanal)  Lampung, Kolonel A. Agung PS, mengatakan, sinergitas Pemprov setempat dan Lanal tidak hanya meningkatkan kepesertaan dalam tes.
Namun, lanjutnya, meningkatkan kemampuan calon taruna asal Lampung. Selama ini, tingkat kelulusan calon taruna asal Lampung masih kalah dibandingkan dengan daerah di Pulau Jawa.
"Dalam waktu dekat diupayakan pendaftaran dan tes calon taruna AAL dilakukan di Lampung. Tidak hanya itu, Lanal juga akan membangun komunikasi dengan Pemprov dalam hal ini Dinas Pendidikan untuk mencari metode meningkatkan daya saing calon taruna," ujar Agung.
Dia menjelaskan, berdasarkan data pada 2017 kegagalan calon taruna asal Lampung mayoritas pada saat psikotes
Diketahui, KRI Abdul Halim Perdanakusuma berada di Lampung hingga 8 November 2018. Untuk itu, mempersilahkan bagi masyarakat yang ingin melihat KRI Halim Perdanakusuma dari dekat.
Rombongan akan meneruskan perjalanan ke Dumai Ranai Palembang dan kembali ke Surabaya, Jawa Timur. (ida/red)


Comments