Pembangunan

Bupati Mustafa Siapkan 1 Miliar bagi Kampung Terbersih

Bupati Lampung Tengah Mustafa mencanangkan Gerakan Lampung Tengah Dawak. Kebersihan merupakan tanggung jawab semua pihak, Bupati Mustafa ikut pula bersih-bersih.

OTENTIK (LAMTENG)–Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah yang dipimpin Bupati Mustafa dan Wakilnya Loekman J mencanangkan Gerakan Lampung Tengah Dawak (bersih), Jumat (22/9/2017), dengan apel perdana diikuti beragam lapisan masyarakat.
Gerakan Dawak ditandai dengan apel perdana di Lapangan PU Prosida Bandarjaya, Jumat (22/9/2017). Ribuan peserta yang terdiri atas siswa, masyarakat, PNS, ormas dan tenaga kebersihan.
Kemudian mereka turun langsung menyisir jalan-jalan dari Lapangan PU Prosida hingga Plaza Bandarjaya dengan berbekal sapu lidi dan plastik.
Mustafa mengatakan, kebersihan merupakan tanggung jawab semua pihak. Tidak hanya pemerintah daerah saja tetapi seluruh lapisan masyarakat. Melalui Gerakan Lampung Tengah Dawak ini, ia mengajak seluruh elemen peduli dan menjaga kebersihan.
“Tidak hanya pemda, tapi seluruh lapisan masyarakat harus bergerak membersihkan Lamteng yang kita cintai ini. Jangan karena sampah satu dua tempat yang menumpuk Kabupaten Lampung Tengah secara keseluruhan yang tercoreng,” tegas Bupati Mustafa didampingi Wabup Loekman Djoyosoemarto.

Mustafa juga menjanjikan, pada 17 Agustus 2018 mendatang, Pemkab Lampung Tengah akan memberikan reward kepada kampung terbersih dimana PKK-nya bergerak, pamongnya aktif dalam rangka menjaga kebersihan.
“Saya sediakan 1 miliar bagi kampung terbersih dimana penilaiannya bisa dimulai dari sekarang. Ini untuk memicu semangat aparat kampung dan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan,” ungkap bupati.
Selain itu, kepada kecamatan terbaik juga tetap diberikan reward khusus yang mana camatnya mampu membina kampungnya dengan baik.
Untuk di lingkungan sekolah, Bupati Mustafa juga mengajak untuk menjaga kebersihan melalui "Green School". Untuk sekolah terbaik juga akan diberikan reward berupa jalan-jalan keliling Indonesia.
“Saya tidak mau mendengar ada sampah berserakan lagi. Sudah ada 1.000 tong sampah KECe di pinggir jalan, sudah ada gerakan Lampung Tengah Dawak, dan Green School. Jadi saatnya Lampung Tengah bersih,” jelas bupati.
Pada kesempatan tersebut Bupati Mustafa menyerahkan alat kebersihan potong rumput kepada petugas kebersihan, dan bantuan 20 unit peralatan bengkel kepada para pemuda Lampung Tengah sebagai salah satu upaya menyukseskan program Kampung Entrepreneur Creative (KECe).
Usai pencanangan, Mustafa melakukan penandatanganan spanduk Lampung Tengah Dawak didampingi Wabup Loekman dan dilanjutkan dengan bersih-bersih Bandarjaya Plaza. (jn/red)


Comments